oleh

Jaga Kerukunan Melalui Dialog Lintas Agama

POLEWALI – Menjaga kerukunan umat beragama, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Polewali Mandar (Polman), menggelar dialog lintas agama dengan berbagai kalangan masyarakat dan profesi, Selasa 16 Maret 2021.

Silaturrahim Antar Lembaga Keagamaan (Salam) dengan tema moderasi beragama berbasis kearifan lokal. Kegiatan ini dibuka Kakanwil Kemenag Sulbar Muflih Bachyt Fattah dan dihadiri Kepala Kantor Kemenag Polman Mulyadi Rasyid, Kepala Litbang Keagamaan Makassar. Para peserta yang terdiri dari tokoh agama, masyarakat, pemuda dan profesi di di aula kantor Kemenag Polman.

Jaga Kerukunan Melalui Dialog Lintas Agama

Ketua Panitia Ahmad Fakhruddin menyampaikan kegiatan ini dihadiri 40 peserta bermaksud untuk membina keakraban, silaturrahim, menjalin komunikasi dan koordinasi antar sesama lembaga keagamaan yang ada di Polman.

“Untuk menyatukan persepsi dan pendapat serta mengusahakan terciptanya lingkungan masyarakat yang heterogen dan majemuk menjadi lingkungan atau masyarakat yang harmonis dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” terang Ahmad Fahruddin.

Kepala Kantor Kemenag Polman Mulyadi Rasyid menyampaikan, kegiatan ini sederhana tapi penjewantahannya diluar dari sederhana. Ia menyampaikan, kegiatan ini bertujuan bagaimana merawat kerukunan khususnya yang ada di Polman.

“Diantara kabupaten yang ada di Sulbar, Polman adalah daerah yang sangat heterogen yang semua suku agama. Ada inilah pentingnya bagaimana merawat kerukunan agar didalamnya ada toleransi,” terang Mulyadi Rasyid.

Kanwil Kemenag Sulba Muflih B Fattah menyampaikan bagaimana menjaga harmoni di tengah masyarakat tetap kondusif dan kerukunan umat beragama terus terjaga.

“Ini yang harus kita rawat jangan hanya sekali setahun, jika kita selalu menjalin silaturrahim hubungan emosional akan terjalin dan jika ada masalah kecil dapat diselesaika secara kekeluargaan,” tandas Muflih B Fattah. (arf/mkb)

Komentar

News Feed