oleh

Jadi Orang Pertama Divaksin di Mamasa, Wabup Sempat Gugup

MAMASA – Pemkab Mamasa melakukan launching vaksinasi Covid-19, Rabu 3 Februari di Aula Satgas Covid-19 Mamasa. Dalam launching vaksinasi ini sebanyak sembilan orang pejabat, tokoh agama dan masyarakat menjadi penerima vaksin perdana.

Wakil Bupati Mamasa, Martinus Tiranda menjadi orang pertama di Bumi Kondosapata yang divaksin Covid-19. Wabup Mamasa Martinus Tiranda sempat gugup saat menjalani vaksinasi.

Sebelum menjalani vaksinasi Wabup dan peserta lainnya, harus melewati tiga meja pemeriksaan yakni meja pendaftaran, screening dan vaksin. Setelah selesai divaksin kemudian menuju meja pencatatan.

Usai divaksi, Wakil Bupati Mamasa Marthinus Tiranda menyampaikan sempat gugup.

“Sempat saya sempat gugup dan dek-dekan, apalagi banyak orang yang menyaksikan proses vaksinasi. Tetapi setelah divaksin saya malah enjoy dan menjadi orang pertama divaksin,” tutur Martinus Tiranda.

Ia mengaku dirinya lolos screening. Beruntung, tekanan darah dan detak jantungnya normal. Saat proses vaksinasi dilakukan dan jarum menembus kulit Martinus terlihat tenang dan santai.

“Meskipun perasaan masih gugup, tetapi secara fisik seperti suntik biasa,” ujarnya.

Launching vaksinasi perdana dibuka Bupati Mamasa Ramlan Badawi di aula Satgas Covid-19 Mamasa. Bupati Ramlan Badawi mengaku dirinya tidak dipersyaratkan untuk di vaksinasi karena usia telah mencapai 60 tahun. Sementara yang dipersyaratkan dalam batas usia yakni 18-59 tahun.

Dalam launching ini sebenarnya 11 orang tokoh yang akan menjalani vaksinasi. Namun hanya enam orang yang dinyatakan berhasil divaksin. Enam orang tersebut yakni Wakil Bupati Mamasa, Marthinus Tiranda, Kapolres Mamasa AKBP Indra Widyatmoko, Ketua MUI Ramli, BPS-GTM Pendeta Deppatola, Kasatpol-PP Welem, Kabid Humas Diskominfo Demmaelo.

Sementara sejumlah tokoh tidak berhasil divaksin karena tak lolos screening kebanyakan tekanan darah dalam tubuh meningkat sebelum divaksin. Diantaranya Ketua DPRD Mamasa Orsan Soleman B, Kepala BPBD Mamasa Labora Tandipuang, Kepala Inspektorat Yohanis, Asisten Bidang Pemerintahan Kain Lotong Sembe. Sementara Dandim 1428 Mamasa Letkol Inf Stevi Palapa tidak dapat divaksin dikarenakan penyitas korona.

Tetapi dalam pelaksanaannya ada lima orang yang tidak masuk dalam daftar sebelumnya, kemudian menggantikan posisi yang dinyatakan tidak lolos screening. Namun dari lima orang pengganti hanya tiga orang yang lolos screening, dua diantarnya dinyatakan tidak lolos.
Sehingga dari 16 orang discreening, namun hanya sembilan orang berhasil divaksin. Sementara tujuh orang dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Bupati Mamasa Ramlan Badawi menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada para pejabat dan tokoh masyarakat yang berpartisipasi dalam pelaksanaan launching vaksinasi ini.

Ramlan menyampaikan vaksinasi akan dilakukan kepada seluruh lapisan masyarakat Mamasa. “Namun ini di mulai hari ini, dan Jumat 5 Februari untuk jajaran Nakes, sampai seterunya nanti untuk masyarakat,” jelasnya.

Vaksinasi ini bertujuan agar menjadikan masyarakat sehat dan kekebalan tubuh terjamin. Sehingga dapat kebal terhadap virus Covid-19. Ia menegaskan agar masyarakat tidak ragu menjalani vaksin.

“Karena sudah dideteksi, mulai dari pusat hingga daerah, sehingga jangan lagi terpengaruh oleh informasi hoax terkait vaksin,” terang Ramlan.

Ia berharap masyarakat Mamasa tidak lagi terpengaruh oleh informasi hoax. “Bahkan jangan sampai ada yang plintir lagi, karena tidak akan divaksin kalau tidak syarat, seperti punya penyakit bawaan,” tambahnya.

Sekertaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mamasa Amos Pampabone bersyukur pelaksanaan launching berjalan aman dan tertib. Ia menganjurkan agar nantinya menjalani vaksinasi harus memiliki persiapan.

“Karena terbukti, dari 16 orang melakukan screning, ternyata hanya sembilan orang yang lolos,” ujarnya.

Kebanyakan tidak lolos screening karena tekanan darah meningkat. Ia mencontoh Ketua DPRD Mamasa gagal divaksin karena tekanan darahnya tinggi akibat baru pulang dari perjalanan. Apalagi nanti pukul 03.00 dini hari baru istirahat. Disarankan bagi yang akan vaksin menjaga kesehatan dan cukup istirahat. (r4/mkb)

Komentar

News Feed