oleh

IPM Sulbar Masih Dibawa Rata-rata, Hanya 65,10 Persen

MAMUJU–Kepala Dinas Kominfo Persandian dan Statistik Sulawesi Barat (Sulbar) Safaruddin Sanusi menyampaikan terdapat 13 permasalahan pembangunan daerah yang butuh diselesaikan.

”Terdapat 13 permasalahan pembangunan daerah di Sulbar yang perlu juga menjadi perhatian bersama, diantaranya, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang masih dibawa rata-rata yaitu 65,10 persen,” kata Safaruddin di Mamuju, Kamis.

Ia menambahkan, permasalahan lainnya adalah tingginya angka kriminalitas 16,01 persen, dan belum optimalnya kualitas reformasi birokrasi (RB)yang masih berada dalam kategori CC.

Kemudian masih rendahnya kondisi mantap jalan provinsi dengan persentase 35,33, elektrifikasi yang masih perlu ditingkatkan dengan persentase 83,88, serta masih terdapat rumah tidak layak huni sebanyak 90,12 persen.

Selain itu masih adanya desa tertinggal mencapai 30 persen, kualitas lingkungan hidup yang masih rendah 67,79 persen, lambatnya pertumbuhan ekonomi 5,66 persen.

Serta, masih tingginya angka kemiskinan dengan persentase 10,95 persen, ketimpangan pendapatan yang masih perlu diturunkan sebesar 0,365 persen, tingkat pengangguran terbuka 3,18 persen dan masih rendahnya daya saing daerah sebesar 31 persen.

Ia mengatakan, permasalahan itu mesti mendapatkan perhatian untuk diselesaikan pemerintah dan pemerintah Sulbar akan meningkatan kualitas sumber daya manusia dan membangun infrastruktur, peningkatan kualitas lingkungan hidup, peningkatan ekonomi inklusif, penanganan pengangguran dan kemiskinan serta penanganan bencana alam.

”Kominfo Sulbar akan mewujudkan tata kelola pemerintahan secara digital menjawab persoalan yang ada itu disamping meningkatkan jaringan komunikasi dan informasi melalui program internet desa,” jelasnya. (ant)

Komentar

News Feed