oleh

Ini Cara Agar Belanja Online Sistem COD Aman dan Nyaman

PILIHAN pembayaran belanja online sudah lebih beragam dan banyak opsi secara digital. Hanya saja, ada pembeli yang lebih nyaman membayar menggunakan cara Cash on Delivery atau COD. Bahkan, pembeli yang menggunakan transaksi COD ternyata masih yang paling besar jumlahnya.

Berdasarkan Statistik E-Commerce 2020 yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan dari sekitar 17 ribu usaha E-Commerce di Indonesia yang didata, 73 persen di antaranya menggunakan metode pembayaran tunai alias COD.

Ada banyak alasan calon pembeli, terutama mereka yang baru pertama kali bertransaksi secara online, lebih memilih COD. Survei Jakpat menyebutkan, 52 persen konsumen Indonesia memilih metode bayar di tempat dalam satu tahun terakhir.

Dari jumlah tersebut, 73 persen responden memilih COD karena ingin memastikan barang yang mereka terima sebelum membayarnya. Masih menurut data yang sama dari Survei Jakpat, sebanyak 60 persen responden memilih COD karena menganggap metode pembayaran tersebut lebih sederhana dan tidak ribet.

Ada 30 persen responden yang memilih COD karena malas pergi ke ATM. Kemudian, 14 persen responden memilih COD karena tak memiliki akun perbankan. Sebanyak 13 persen responden memilih metode pembayaran tersebut karena tak punya dompet digital, dan 2 persen responden lainnya punya alasan lain.

Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer Ninja Xpress, salah satu pemain jasa pengiriman yang tumbuh di tengah tren belanja daring menyampaikan, COD masih diminati banyak pengguna. Sementara dalam menghadapi pesta belanja akhir tahun, dirinya juga memberikan sedikit tips untuk pelanggan dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ketika melakukan COD.

Komentar

News Feed