oleh

Imigrasi Diharap Jadi Penunjang Kemudahan Berinvestasi dan Peningkatan Daya Saing Sulbar

MAMUJU – Peringati Hari Dharma Bhakti Imigrasi ke 70 Tahun, Kantor Imigrasi Kelas II Mamuju menggelar upacara bendera di pelataran Kantornya, Senin 27 Januari 2019.

Wakil Gubernur Sulbar Hj. Enny Anggraeni Anwar bertindak selaku irup. Turut hadir Kepala Kemenkumham Sulbar Harun Sulianto, Kajati Sulbar Darmawel Aswar, Ketua DPRD Sulbar St. Suraidah Suhardi, Danrem 142 Tatag Mamuju Kolonel Inf. Eventius Teddy Danarto dan lainnya.

Bacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H. Laoly, Enny mengatakan, Imigrasi bagian yang tidak terpisahkan dari pemerintahan RI serta memiliki peran yang strategis dan penting dalam mewujudkan Indonesia yang berdaulat.

“Hari ini kita memperingati hari bakti imigrasi dengan tetap berpegang teguh kepada Pancasila dan UUD NKRI Tahun 1945. Imigrasi hadir dan dengan sigap menjawab tantangan zaman atas revolusi sosiokultural yang sangat dinamis dan bergerak maju kedepan,” ujar Enny.

Enny menambahkan, fungsi keimigrasian telah diaktualisasikan dengan baik 2019. Baik yang bersifat internal maupun yang berpengaruh kepada masyarakat luar telah direncanakan dengan baik dan dilaksanakan tepat sasaran.

“Banyak capaian yang membanggakan telah dihadirkan Direktorat Jendral (Dirjend) Imigrasi dan Unit Pelaksana Teknis Keimigrasian 2019. Seperti dalam fungsi pelayanan keimigrasian, fungsi penegakan hukum keimigrasian, fungsi keamanan negara serta fungsi fasilitator pembangunan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Tahun 2020, Dirjend Imigrasi diamanatkan untuk melaksanakan beberapa program, yakni pengembangan sistem layanan izin tinggal terbatas secara elektronik, pengembangan penegakan hukum melalui perwujudan administrasi penegakan hukum dan penurunan jumlah pelanggaran keimigrasian.

Selain itu, peningkatan kualitas produkintelijen keimigrasian, peningkatan pelayanan pengamanan dokumen perjalanan melalui penggunaan paspor elektronik serta meningkatkan kerjasama keimigrasian antar lembaga terkait.

“Target ini memang tidak mudah. Imigrasi membutuhkan SDM yang unggul untuk merealisasikan target kinerja yang telah diamanatkan. Saya berharap Dirjen Imigrasi dapat merealisasikan seluruh target dengan baik dan tetap dalam koridor pelaksanaan yang terukur. Masyarakat menunggu gagasan baru Dirjend Imigrasi dalam melaksanakan tugas dan fungsi. Masyarakat menaruh harapn besar kepada kita semua dalam mewujudkan Indonesia Maju,” ujarnya.

Kepala Kemenkumham Sulbar Harun Sulianto mengatakan, pihaknya terus berupaya untuk mendekatkan layanan paspor ke masyarakat melaui berbagai kegiatan, seperti pameran di mall dan kegiatan sepeda malam hari.

Sementara untuk pengawasan orang asing, pihaknya melakukan pengawasan secara ketat dengan mengikutsertakan tim pengawasan orang asing dari lintas sektoral. Pengawasan juga dilakukan untuk pencegahan TKI non prosedural yang akan ke luar negeri.

“Kami berharap keberadaan imigrasi di Sulbar ini dapat menunjang kemudahan berinvestasi, dan meningkatkan daya saing Sulbar sebagai penyangga ibukota,” ujarnya. (ian)

Komentar

News Feed