oleh

Ibukota Provinsi Masih Status Kabupaten, Pembangunan Pengadilan Tinggi Sulbar Tersandung

MAMUJU – Pengadilan Tinggi Negeri (PTN) Sulbar sudah sangat layak dibentuk di Sulbar. Hanya saja, ibukota provinsi ke-33 Indonesia ini masih berstatus kabupaten. Hal ini menjadi pembahasan dalam pertemuan antara Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar dengan Ketua PTN Sulbar, Syahrial Sidik, di Kantor Merah Putih Pemprov Sulbar, Kamis 16 Desember 2021.

Ali Baal Masdar mengatakan, lokasi pembangunan kantor sudah ada sejak tahun lalu. Bahkan, saat ini tinggal menyelesaikan persoalan sertifikat lahan. “Tinggal sertifikat lahan, dan bangunan akan segera diselesaikan,” ujar Ali Baal, Kamis 16 Desember.

Soal status kotamadya, kata Ali Baal, saat ini masih perlu dilakukan pembahasan dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). “Hal itu harus dilakukan untuk mewujudkan Sulbar yang maju dan malaqbiq,” tandasnya.

Ketua PTN Sulsel Syahrial Sidik membeberkan, sebenarnya PTN Sulbar sudah terbentuk. Hanya saja, tersandung pembentukan kotamadya. “Berdasarkan data dan informasi di Komisi III DPR, serta hasil rapat paripurna, telah disahkan pembentukan PTN Sulbar,” beber Syahrial.

Karenanya ia berharap, ibukota Sulbar segera berstatus kotamadya, dan di wilayah Kabupaten Mamuju tetap menjadi pusat kota. “Ini kan sudah lebih dari 15 tahun Sulbar. Tentunya, aneh kalau tak terdapat kotamadya. Hal itu merujuk pada daerah di luar Sulbar. Seperti Parepare dan Palopo. Untuk itu, saya harapkan Kabupaten Mamuju dapat meningkat statusnya jadi Kota Mamuju. Sehingga pusat pertumbuhan ekonomi Sulbar juga menjadi acuan di Kota Mamuju nantinya,” katanya. (imr/dir)

Komentar

News Feed