oleh

Honda Luncurkan CB 1300 Model 2021 Makin Menggoda

KABAR terbaru dari produsen kendaraan roda dua Honda Motor menyuguhkan versi paling baru CB 1300 model 2021. Ini merupakan kabar baik bagi pecintamotor berpenampilan retro yang mempunyai kubikasai di atas 1.000 cc.

Melansir dari laman Young Machine Honda CB1300 Super Four terbaru diperkenalkan di Jepang hadir dalam beberapa tipe. Yaitu Honda CB1300 Super Four, CB1300 Super Bol D’Or, CB1300 Super Four SP, dan CB1300 Super Bol D’Or SP.

Disebutkan kalau semua tipe ini telah menggunakan sistem kontrol elektronik terbaru yang mampu memberikan kenyamanan berkendara yang tinggi.

Dengan menggunakan Throttle by Wire System (TBW) anyar ini maka mekanisme pengontrolan kontrol katup throttle menjadi lebih presisi ketika tuas gas motor ditarik oleh pengendara. Hal ini sangat membantu serta memudahkan dalam pemilihan mode berkendara yang tersedia yaitu mode sport, standar, dan rainy (berkendara di tengah hujan).

Ditambahlagi pihak Honda juga membenamkan fitur Quick Shifter untuk memudahkan pergantian gigi transmisi tanpa perlu menarik tuas kopling. Sedangkan untuk menunjang keamanan berkendara, keberadaan fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC) akan sangat membantu.

Karena fitur ini berfungsi untuk membatasi torsi motor ketika mendeteksi adanya perbedaan kecepatan putaran antara ban depan dengan ban belakang. Tak hanya itu, motor gede ini juga dibekali dengan fitur cruise control yang memungkinkan laju kendaraan bisa disesuaikan dengan keinginan.

Hal ini sangat bisa memungkinkan laju kendaraan tetap terjaga meski pengendara tanpa mengoperasikan grip gas.

Fitur keselamatan lainnya adalah Honda juga membekali dengan lampu rem darurat. Fungsinya untuk memberikan sinyal kepada pengguna kendaraan lain di belakangnya saat pengendara bermanuver melakukan pengereman mendadak.

Artinya pada versi baru ini banyak dibenamkan fitur canggih, termasuk port pengisian juga telah berganti menjadi tipe USB Type C. Ada juga hand warmers yang mencegah telapak tangan kaku akibat terlalu lama memegang setang kemudi, khususnya di tengah cuaca dingin.

Sementara itu pada mesin, masih mengusung mesin empat tak berkubikasi 1284cc empat silinder segaris berpendingin cairan. Mesin ini menyemburkan tenaga hingga 113PS pada 7.750 rpm dengan torsi 111,8 Nm pada 6.250 rpm.

Motor dibekali dengan kapasitas tangki bahan bakar 21 liter, memiliki dimensi panjang 2.200 milimeter (mm), lebar 795 mm, dan tinggi 1.125 mm. Di Jepang versi anyar ini dijual pada 18 Maret 2021 nanti dengan banderol 1.885.400 yen atau sekitar Rp 266 jutaan (kurs 1 yen = Rp 140,94). Bagimana Anda tertarik? Semoga Honda Indonesia memboyongnya ke Tanah Air. (jpg)

Komentar

News Feed