oleh

Honda bakal Luncurkan Dax125 Tahun Ini, Motor Monkey Generasi Empat

JAKARTA – Honda memang pintar merancang kendaraan roda dua yang ikonik, setelah sukses mengahdirkan Honda Monkey di beberapa negara kini berencanan akan memunculkan versi terbaru. Honda Monkey versi paling baru ini merupakan generasi keempat dari Honda Dax.

Sebagai informasi generasi terbaru ini diberi nama Dax 125 atau ST125 yang kabarnya akan meluncur pada Maret 2021. Melansir dari laman GreatBiker, kabar santer ini didukung dengan kemunculan foto-foto Dax 125 yang ada pada majalah otomotif Jepang, Young Machine beberapa waktu lalu.

Honda bakal Luncurkan Dax125 Tahun Ini, Motor Monkey Generasi Empat

Akan tetapi disisi lain seperti dilaporkan Visordown sebelumnya bahwa Honda Motor pada Juni lalu telah mendaftarkan nama ST 125 ke European Union Intellectual Property Office (EUIPO). Yang merupakan Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa, sekaligus ke Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat.

Tidak hanya berhenti disitu kabar terkait generasi baru ini, pada September lalu setelah pendaftaran nama tersebut dan munculnya sejumlah foto di media otomotif Jepang terlihat Dax125 menggunakan single seat. Dimana memiliki setang yang terangkat.

Posisi setang setir yang terangkat ini dimaksudkan untuk memberi kenyamanan posisi bagi pengendara. Pada perangkat suspensi depan menggunakan garpu upside down, sedangkan untuk pengereman menggunakan cakram pada roda depan maupun belakang plus Antilock Braking System (ABS) di roda depan.

Motor yang disinyalir akan diproduksi di Thailand ini menggunakan mesin 125 sama yang digunakan oleh Honda Monkey. Jika benar demikian, maka motor ini memiliki tenaga hingga 9,6 hp pada putaran mesin 7.000 rpm dengan torsi 11 Nm pada 5.250 rpm.

Sebagai informasi di Jepang, Eropa termasuk di Indonesia mamakai nama Honda Dax. Sedangkan di Amerika Serikat dan Kanada dikenal nama ST atau Honda Trail.

Kabar lainnya disebutkan kalau Dax125 juga akan diekspor ke berbagai negara, termasuk Jepang. Hal itu seperti para pendahulunya – yang diproduksi pada tahun 1969 dengan mesin 50cc dan 70cc – dengan nama yang sesuai dengan kapasitas mesin seperti ST50 dan ST70. (jpg)

Komentar

News Feed