oleh

Hari Libur Tak Surutkan Ribuan ASN Mengikuti Upacara Harla Pancasila

POLEWALI–Kendati, hari kelahiran (Harla) Pancasila, Sabtu 1 Juni, bertepatan hari libur nasional tak menghalangi ribuan ASN (Aparatur Sipil Negara) di Kabupaten Polewali Mandar untuk mengikuti upacara peringatan hari lahirnya Pancasila. Lapangan Pancasila, Pekkabatan, Polewali Mandar jadi sesak peserta upacara yang dimulai sekitar pukul 07.30, pagi.

Peserta upacara berasal dari ASN Pemkap Olewali Mandar, Kemenang, dan instansi vertikal, BUMN, BUMD, dan TNI Polri, cukup antusias mengikuti upacara. Wakil Bupati Polman, M Natsir Rahmat menjadi inspektur, Danramil 1402 07 Mambi, Kapten Inf Hasruddin, bertindak sebagai komandan upacara, dan Ketua DPRD Polman, M Fariduddin Wahid, membacakan naskah Undang-Undang Dasar 1945.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, memang diwajibkan seluruh ASN sekali pun hari libur. Kebijakan ini sesuai keputusan MenPAN RB (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi).

Sanksi bagi yang mangkir juga sudah ditegaskan, Kepala BKN (Badan Kepegawaian Negara), Polman, sanksi bagi ASN yang tidak mengikuti upacara, pemotongan TPP. Sehingga tidak heran para pegawai sudah pada hadir satu jam sebelum upacara dimulai.

Natsir Rahmat, dalam sambutan yang dibacakan, Pancasila sebagai dasar negara, idelogi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa. Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus. Intinya, adalah, ”Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari hari,” tanda Natsir. (mkb)

Komentar

News Feed