oleh

Harga Rumah Subsidi Bakal Naik di Tahun 2020

MAMUJU–Harga rumah subsidi di Sulawesi Barat tahun 2020 mendatang dipastikan naik. Kalau harga rumah subsidi tahun 2019 ini sebesar Rp 146 juta, maka pada tahun 2020 mendatang sekitar Rp 156,5 juta.

Penetapan harga Kepemilikan Pemilikan Rumah (KPR) Bersubsidi di wilayah Sulawesi, termasuk Sulbar berdasarkan keputusan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) setiap wilayah. Wakil Ketua Real Estate Indonesia (REI) Sulbar, Sahabuddin, mengakui kenaikan harga rumah bersubsidi ini sudah dipertimbangkan karena kenaikan biaya kontruksi dan lahan .

“Harga lahan saat ini cenderung tidak stabil. Pemerintah juga belum maksimal mengatasi masalah biaya perizinan,” kata Sahabuddin saat dihubungi, Rabu 26 Juni, via telepon.

Khusus di Sulbar ada sekitar 10.000 unit rumah bersubsidi. Untuk tahun ini akan membangun 5000 unit. “Tidak ada batasan unit pertahun. Semua tergantung pada kemampuan developer di daerah masing-masing,” tambah Sahabuddin.

Sahabuddin mengakui tiap daerah memiliki organisasi perangkat daerah yang bisa melakukan pengawasan, dan mengatasi persoalan perumahan subsidi. “Saya rasa kalau soal pengawasan bukan hal yang sulit. Karena harganya langsung ditentukan oleh pemerintah. Jadi semua pihak bisa mengawasi bersama,” tambahnya.

Ditanya, soal jumlah pengembang yang terdaftar di REI Sulbar berjumlah 73. Namun ada beberapa yang sudah tidak aktif lagi. “Yang aktif hanya 45,” jelas Sahabuddin. (m5)

Komentar

News Feed