oleh

Harga Cabai di Mamuju Turun

MAMUJU – Harga cabai merah dan cabai keriting di Mamuju mulai melampaui harga normal, yakni Rp 10 ribu sampai Rp 20 ribu per kilogram (kg).

Sejak memasuki April lalu, harga cabai dipasaran terus melonjak hingga mencapai Rp 70 ribu per kilogram. Penurun harga cabai disinyalir karena panen petani cabai yang melimpah .

Kepala Bidang Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan (Disdag) Mamuju, Assyabrie Rusli mengatakan, panen yang melimpah dan permintaan pasar yang normal membuat stok cabai berlebih dan harga pasar mulai turun.

“Memang sedang musim panen, ditambah pembeli yang sudah normal, tidak seperti lebaran, kalau lebaran harga naik karena permintaan pasar juga banyak, ” kata Assyabrie saat dikonfirmasi Rabu (18/8/2021).

Assyabrie mengatakan, jika normal biasanya harga cabai di pasaran berkisar pada Rp 20 ribu sampai Rp 25 ribu. Namun jika stok berlebihan, maka bisa memicu penurunan harga dibawah harga normal.

“Ini kan stok sedang berlebih, makanya harganya sampai dibawah harga normal, ” ujar Assyabrie.

Salah seorang pedagang di Pasar Regional Mamuju, Marni menyampaikan, harga cabai merah dan cabai keriting mengalami penurunan sejak pekan lalu, sementara untuk cabai rawit harganya masih cukup tinggi yakni Rp 40 ribu per kilogram.

“Kalau harga cabai rawit itu memang agak mahal dibanding cabai lainnya, terus untuk bawang merah saat ini harganya masih sama Rp 35 ribu per kilogram kalau bawang putih Rp 28 per kilogram, “singkat Marni. (rzk/jsm)

Komentar

News Feed