oleh

Hadapi Natal-Tahun Baru, Jaringan Telkomsel Jamin Aman

MAKASSAR–Provider Telkomsel Wilayah Papua Maluku Sulawesi Kalimantan (Pamasuka) menjamin kelancaran jaringan menghadapi libur panjang dalam perayaan Natal 2019 hingga malam Tahun Baru 2020.

”Secara terjadwal kami konsisten melakukan uji coba dan optimalisasi jaringan di tengah lonjakan trafik layanan yang umumnya terjadi pada periode Natal dan Tahun Baru,” kata Vice President Network Operation and Quality Management Telkomsel Area Pamasuka A Moelky Furqan di Baruga Telkomsel, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis 12 Desember.

Dengan begitu, lanjut dia, pelanggan dapat berkomunikasi menggunakan data seluler, hingga menikmati layanan digital dari Telkomsel dengan lancar dan nyaman untuk berbagai aktivitasnya menghadapi momen Natal dan pergantian tahun dengan penuh semangat.

Selain itu, katanya, telah dilakukan optimalisasi seluruh elemen jaringan Telkomsel di 128 titik POI (Point of Interest) dengan menyediakan 17 unit compact mobile base station (Combat) atau BTS mobile yang dikerahkan di titik-titik dengan trafik komunikasi terpadat.

Secara keseluruhan, katanya, Telkomsel Pamasuka telah menggelar lebih dari 47.653 ribu unit BTS, termasuk di wilayah tertinggal, terdepan, terluar (3T) dan kawasan perbatasan.

Dari jumlah tersebut, lebih dari 18.086 di antaranya merupakan BTS 4G untuk memaksimalkan kenyamanan pelanggan dalam layanan data, termasuk pada momen Natal dan Tahun Baru 2020.

”Maka dengan ini Telkomsel untuk area Pamasuka telah menghadirkan teknologi terbaru, yakni cellular 4G Massive MIMO eNodeB yang bersiaga di tujuh lokasi titik POI teridentifikasi sebagai Super Crowd POI (daerah terpadat). Teknologi ini biasa disebut 4,5G,” ujarnya kepada wartawan.

Ia memprediksi tujuh titik terpadat akan dipenuhi lautan manusia, yakni di Mega Mall Manado, Alun-Alun Kapuas Pontianak, Lapangan Merdeka Ambon, Hutan Pinus Malino, Asrama mahasiswa UNHAS, Pantai Bira, dan Pasar Segar Makassar saat malam pergantian tahun.

”Melalui teknologi itu, dengan kapasitas masing-masing 4G Massive MIMO atau kekuatannya tiga sampai empat kali lipat lebih cepat dari 4G enodeB biasa,” beber dia.

Mengenai peningkatan trafik pada waktu tersebut, Furqan memprediksi akan naik hingga 30 persen, sedangkan untuk layanan telepon biasa naik 5 persen, dan Short Massage Service (SMS) naik 3,5 persen.

Sebab, kebanyakan pelanggan yang mudik dari Kalimantan, Maluku, Manado hingga Papua. Grafik untuk data seluler diperkirakan akan digunakan mencapai 5.591 Terabyte (TB), telepon 3,38 juta dan SMS sebesar 4,4 juta.

”Biasanya trafik tertinggi terjadi di wilayah Manado dan Papua, baik saat perayaan Natal maupun malam pergantian tahun. Tim juga disiagakan di posko yang ada, mulai 20 Desember 2019-7 Januari 2020 mengantisipasi adanya gangguan server,” ujar dia.

Furqan menyakini jaringan akan lancar, karena sudah disiapkan ‘room war control’ atau ruangan khusus yang terus memantau pergerakan jaringan. Bahkan dalam uji coba teleconfrens di gedung Miring Telkomsel dengan tim yang sedang berada di sekitar Lapangan Merdeka Ambon berjalan lancar.

Tidak hanya itu, bersama tim Pamasuka pihaknya akan melakukan Roadshow Natal dan Tahun Baru 2020 di 15 kota, yaitu Makassar, Parepare, Gorontalo, Kendari, Palu, Manado, Jayapura, Ambon, Timika, Palangkaraya, Balikpapan, Tarakan, Samarinda dan Banjarmasin.

Sepanjang penyelenggaraannya, program tersebut akan diisi dengan ibadah dan santunan, serta di beberapa titik dilakukan kegiatan bersih-bersih tempat ibadah.

Sementara Vice President Consumer Sales Telkomsel Area Pamasuka,Agustiyono menambahkan, untuk mengakselerasikan kebahagian di momen Natal dan tahun Baru 2020, pihaknya menghadirkan program Telkomsel Siaga Sebar Hepi 2019. Telkomsel mengajak para pelanggan untuk habis-habisan di akhir tahun dengan menyediakan hadiah utama satu unit BMW 320i.

”Selain itu, masih terdapat beragam hadiah menarik lainnya, yakni empat unit Mitsubishi Xpander, 10 unit Vespa LX 125, 30 unit Samsung Galaxy S10+, 50 unit Samsung A70, hingga ribuan voucher senilai ratusan ribu rupiah,” katanya. (ant)

Komentar

News Feed