oleh

Hadapi Cuaca Ekstrim, BPBD Mamuju Tingkatkan Kewaspadaan

MAMUJU – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mamuju meningkatkan kewaspadaan guna mengantisipasi cuaca ekstrem awal tahun.

Kepala BPBD Mamuju, Muhammad Ali Rachman mengatakan, kewaspadan perlu dilakukan sebab periode cuaca ekstrem telah bergeser dari akhir tahun ke awal tahun.

“Perubahan cuaca bukan lagi akhir tahun. Kami pelajari terjadi di awal tahun. Ini yang perlu diwaspadai. Jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan,” kata Ali Rachman, Kamis 7 Januari 2021.

Ali mengaku, telah mengingatkan personelnya agar tetap siaga 1×24 jam. Tetap berkoordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika serta Badan SAR Nasional (Basarnas) Mamuju.

“Kalau peralatan, kami akui itu sangat minim. Namun, bukan berarti kami tidak kerja atau kami tidak siap. Kami selalu siap,” sebut Ali.

Prakirawan BMKG Majene Arman meminta agar warga tetap waspada karena sewaktu-waktu angin kencang bisa kembali terjadi. “Terkait potensi angin kencang, besok sudah mulai ringan lagi, tapi kan namanya musim hujan, akan kembali lagi. Lima hari kembali lagi,” kata Arman.

Untuk kecepatan angin masih dalam kategori normal, yakni 40 Km per jam. Namun tetap harus diwaspadai. Terutama nelayan karena gelombang laut bisa mencapai 2 meter. (ade/ham)

Komentar

News Feed