oleh

Gubernur Sulbar Pantau Pengungsi di Polman

POLEWALI – Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar memantau kondisi pengungsi gempa Majene-Mamuju di Stadion HS Mengga, Sport Center Polewali, Minggu 24 Januari.

Kunjungannya ke tenda pengungsi di Stadion HS Mengga ini untuk memantau kondisi para pengungsi. Selain memantau kondisi pengungsi di stadion, Gubernur juga meninjau beberapa lokasi pengungsi seperti di Kecamatan Campaagian.

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar menyampaikan, masyarakat yang ingin pulang ke daerahnya sudah boleh pulang. Ia berharap tidak ada lagi gempa susulan sehingga warga bisa segera pulang ke daerahnya masing masing menjalankan aktifitas seperti biasanya. Ia menyampaikan besaran gempa susulan semakin berkurang dari sebelumnya.

“Wilayah kita dikategorikan daerah yang tidak rawan tsunami hanya dikhawatirkan namun berdasarkan prediksi yang ada daerah sana (Majene dan Mamuju) susah untuk tsunami,” terang Ali Baal Masdar.

Lanjutnya, besaran gempa saat ini juga sudah semakin berkurang dari gempa sebelumnya. Dimana hanya terjadi gempa skala dibawa 5.0 SR. Ini yang diharapkan semoga tidak ada lagi gempa skala besar.

Sementara terkait masa tanggap darurat, Ali Baal Masdar menyampaikan masa tanggap darurat sampai tanggal 28 Januari selesai. Ia berharap kondisi semakin membaik sehingga masa tanggap darurat tidak diperpanjang lagi, masyarakat bisa beraktifitas seperti sebelumnya.

“Masyarakat yang meninggalkan lokasi pengungsian akan kita berikan keperluan mereka seperti tenda dan lainnya seperti yang sudah dilakukan oleh Pemkab Polman,” ujar ABM.

Sementara itu, terkait program bantuan bagi warga yang mengalami kerusakan akibat gempa. ABM menyampaikan saat ini pemerintah mulai dari kepala lingkungan sedang bergerak melakukan pendataan rumah warga yang rusak. Baik rusak berat, sedang, dan ringan akan diberikan bantuan seperti yang telah disampaikan Presiden Jokowi.

“Selain bantuan dari presiden ada juga bantuan dari Kemensos sebesar Rp17 juta untuk satu rumah yang rusak dan PUPR juga ada untuk rumah tidak layak huni,” tandasnya.

Kunjungan Gubernur Sulbar tersebut didampingi Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar, Wabup Polman M Natsir Rahmat, Asisten I Pemprov Sulbar M Natsir, Kepala Badan Keuangan Pemprov Sulbar Amujib dan beberapa kepala OPD Polman. (arf/mkb)

Komentar

News Feed