oleh

Gubernur Resmikan Akses Pelabuhan Belangbelang, Diharap Mendongkrak Perekonomian

MAMUJU – Jalan Akses ke Pelabuhan Belang-Belang diresmikan oleh Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar, Kamis 15 Oktober.

Proyek jalan dua jalur sepanjang 723 meter dengan lebar 20 meter itu dikerjakan mulai 2019, menelan anggaran Rp 19,2 miliar.

Gubernur Sulbar mengatakan setelah pengerjaan rampung, pihaknya pun langsung melakukan peresmian dengan harapan jalan tersebut dapat secepatnya dipergunakan demi pertumbuhan ekonomi.

Dia menjelaskan, Pelabuhan Belang-Belang sangat perlu ditopang infrastruktur layak. Apalagi pelabuhan sebagai tol laut dikonsepkan sebagai angkutan logistik.

Melalui pelabuhan itu, potensi pertanian Sulbar dapat diekspor ke daerah lain. “Tol laut diharapkan terus berkembang untuk memudahkan akses hasil bumi di Sulbar,” tutur Ali, Kamis 15 Oktober.

Dijelaskan, kondisi kemandirian fiskal daerah saja, Rp 300 miliar lebih itu tidak akan cukup untuk mengintervensi semua sektor, sehingga sewajarnya Sulbar masih ditopang dengan anggaran dari pusat.

Demikian dengan akses pelabuhan. Berkat perhatian pusat, Sulbar mampu melakukan pembenahan infrastruktur secara bertahap. “APBD kita hanya 1,8 triliun, apalagi dengan refocusing. Meski begitu, kita harus terus berbuat,” tegas gubernur.

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Sulbar, Budiamin mengapresiasi Pemprov Sulbar yang turut mendukung hingga teralisasinya proyek tersebut.

Dia pun mengaku pengerjaan proyek jalan itu selesai dengan pekerjaan selama 240 hari. Serah terima pekerjaan dari kontraktor ke Balai Pelaksana Jalan Nasional pada 28 Desember 2019.

Namun dengan kondisi proyek saat ini, itu masih tanggungjawab kontraktor. “Masa pemeliharaan dua tahun, dan akan kembali diserahkan pada 27 Desember 2021,” tegas Budiamin.

Dia berharap akses Pelabuhan Belangbelang itu dapat meningkatkan perekonomian Sulbar. (imr/rul)

Komentar

News Feed