oleh

Gubernur Rencana Rayakan HUT Sulbar di Taman Budaya Buttu Ciping

POLEWALI — Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar menargetkan Taman Budaya Buttu Ciping dapat menjadi tempat pelaksanaan HUT Sulbar tahun ini. Itu sebabnya, proyek pembangunan sarana tersebut harus perlu dipercepat.

“Ditargetkan selesai tahun ini, sehingga secepatnya bisa dimanfaatkan, bagus lagi kalaun ini selesai sebelum perayaan hari jadi Sulbar. Jadi HUT Sulbar kita bisa usulkan paripurna di sini (Taman Budaya Buttu Ciping, red),” tutur gubernur saat mengecek progres pekerjaan Taman Buttu Ciping di Polewali Mandar (Polman), Sabtu 9 Januari 2021.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulbar Prof Gufran Darma Dirawan mengaku, progres pekerjaan saat ini sedang berjalan dan telah menyelesaikan tahap I tahun 2020, dengan anggaran Rp 1,9 miliar. Pekerjaan tahap II kembali digenjot dengan menggunakan dana Rp 2,9 miliar tahun ini. Prof Gufran optimis dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai target yang diharapkan gubernur.

“Pekerjaan yang paling lama dikerjakan ini nanti karena akan dilakukan delapan kali pengecekan (pada puluhan tiang rumah, red) menggunakan pernis. Setelah kering di pernis kemudian digosok lagi sampai betul-betul meresap,” ungkapnya.

Ia mengaku, bangunan yang sudah tampak pada pekerjaan tahap I tahun 2020 baru, sebagian bangunan. Nantinya bakal bertambah lagi bangunan lain yang menjadi inti dari Taman Budaya Buttu Ciping. “Ada Istana raja-raja, itu nanti memggunakan kayu hitam,” terang Gufran.

Lanjut Gufran menjelaskan, dasar didirikannya taman budaya itu berangkat dari upaya pelestarian budaya mandar yang saat ini hampir tenggelam oleh peradaban modern. Itu disebabkan kurangnya referensi bagi generasi sekarang untuk menggali budaya. “Tujuan didirikannya gedung tersebut karena melihat hampir semua generasi muda saat ini kehilangan identitas kemandarannya, sehingga itu perlu dikembalikan,” ungkapnya.

“Kerja keras, kejujuran, etos kerja yang kuat, motivasi tinggi, berjuang, itulah sifat-sifat yang ingin dikembalikan,” sambungnya. Tak hanya itu, melalui Taman Budaya Buttu Ciping juga menjadi sumber bagi generasi mendapatkan keilmuan. (imr/ham)

Komentar

News Feed