oleh

Gowes Perlu, Tapi Jaga Protokol Kesehatan Lebih Penting

MAMUJU–Sejak pandemi Covid-19 merasuk hingga ke pelosok negeri. Tak terhitung jumlah warga yang merasa stres. Cemas dan rasa khawatir itu pasti. Apa lagi saat warga harus berdiam diri di rumah. Harus bekerja dari rumah. Bahkan, harus menghindari kerumunan.

Kecemasan berbulan-bulan ini. Tentu, ikut pula dirasakan warga kota Mamuju. Ibu kota dari Provinsi Sulawesi Barat. Syukur. Warga, dari berbagai etnis di Indonesia ini cukup patuh berbagai imbauan pemerintah. ”Setiap kami melakukan kegiatan olahraga yang sifat outdoor, saya dan rekan-rekan selalu saat akan protokol kesehatan,” jelas Erwin Arizona, Ketua Marsel, sebuat komunitas sepeda lipat di Mamuju, Sulawesi Barat.

Erwin memang tak henti-hentinya untuk mengimbau anggota agar taat protokol kesehatan. Tiap kali gowes wajib bawa masker. Senantian jaga jarak. Serta, selalu meminta untuk waspada akan Covid-19. ”Menjaga kesehatan itu penting buat kami. Apa lagi olahraga yang dapat meningkatkan imun,” terang Erwin, usai gowes bersama rekan-rekannya, Minggu 18 Oktober, pagi.

Marsel, kepanjangan dari Manakarra Sepeda Lipat memang cukup aktif gowes. Dalam sepekan, dua hingga tiga kali gowes. Gowes rutin ini, sekaligus edukasi secara tak langsung ke masyarakat agar tetap taat akan protokol kesehatan. ”Alhamdulillah. Minat warga berolahraga setiap pekan makin besar,” terang seorang anggota Marsel.

Gowes Marsel, Minggu 18 Oktober, terasa istimewa. Ada Kejutan. Ternyata, Om Erwin. Sebutan akrab para anggota Marsel, tepat pada hari lahirnya. Setelah menempuh rute 10 km lebih kota Mamuju langsung finish di rumah, Om Erwin. Hands Sanitizer pun wajib digunakan sebelum menyentuh makanan disediakan.

Pada akhir September lalu, Marsel melakukan Long Trip 100 KM ke Kabupaten Polewali Mandar untuk bagi-bagi masker. Sebanyak 2000 masker disediakan. Warga yang berolahraga di Pantai Bahari, Polman, lantas tak pakai masker jadi sasaran pemberian masker. ”Ini salah satu upaya kami untuk ikut membantu pemerintah dalam menjaga protokol kesehatan bagi warga,” tambah Erwin. (mus)

Komentar

News Feed