oleh

Giliran Kabupaten Mamasa Terima Bantuan Modal UMKM-IKM

-Mamuju-2.026 views

MAMUJU – Setelah menyasar lima kabupaten, tiba saatnya giliran Kabupaten Mamasa menerima Bantuan Modal bagi Usaha Mikro Kecil Menengah(UMKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) terdampak covid-19 dari Pemprov Sulbar, Senin, 24 Agustus 2020.

Kabupaten yang mendapat julukan Bumi Kondosapata itu merupakan kabupaten terakhir yang dikunjungi Gubernur Sulbar dalam rangkaikan penyerahan bantuan UMKM-IKM terdampak covid-19 di enam kabupaten se-Sulbar.

Giliran Kabupaten Mamasa Terima Bantuan Modal UMKM-IKM
Anggota DPRD Sulbar menyerahkan bantuan kepada pelaku UMKM-IKM.

Sebanyak 286 UMKM/IKM yang menerima bantuan dari Gubernur Sulbar, melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Sulbar. Terdiri dari 151 penerima UMKM dan 135 penerima IKM di Aula Rujab Bupati Mamasa.

Baca juga: Disperindagkop dan UKM Sulbar Kembali Salurkan Bantuan Modal Untuk Kabupaten Mamuju

Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar mengatakan, ini merupakan bentuk perhatian dan upaya meringankan beban, masyarakat, khususnya para pelaku UMKM/IKM yang terdampak covid-19. Secara keseluruhan untuk enam kabupaten, jumlah sasaean bantuan sebanyak 3.122 UMKM-IKM dengan jumlah Rp. 7,6 miliar

“Bantuan yang diberikan para pelaku UMKM/IKM sangat terbatas nilainya. Dan pemerintah menyadari bantuan yang ada tidak serta merta dapat memulihkan kondisi akibat pandemi covid-19. Karena itulah, saya berharap dapat dimanfaatkan untuk hal-hal yang dapat menunjang kegiatan usaha menjadi lebih produktif, bukan untuk kebutuhan yang konsumtif,” ujarnya.

Karena Kabupaten Mamasa merupakan unggulan di sektor kepariwisataan Sulbar, Ali Baal Masdar berharap para pelaku usaha bersama pemerintah daerah dan semua pihak, dapat menjadikan kondisi yang terjadi sejak beberapa bulan terakhir sebagai momentum untuk membarui semangat menggairahkan pengembangan sektor kepariwisataan di Mamasa.

Bupati Mamasa Ramlan Badawi, berterima kasih atas perhatian Gubernur Sulbar membantu masyarakat di wilayahnya. Katanya, Pemkab Mamasa juga telah melakukan beberapa upaya untuk meringankan beban masyarakat karena pandemi covid-19.

“Dengan bantuan pak Guberbur, beban yang dirasakan masyarakat akan lebih ringan lagi,” ujar Ramlan, yang mengakui bahwa dana penanganan covid-19 di daerahnya semakin menipis.

Salah seorang penerima bantuan, Muh. Sapri, sangat bersyukur dan terima kasih atas perhatian Gubernur Sulbar memberikan bantuan tambahan modal.

“Saya sangat bersyukur pak Gubernur memberikan kita bantuan. Bantuan ini sangat bermanfaat untuk tambahan modal kita melanjutkan usaha kembali,” komentar pelaku usaha bengkel sepeda motor di kota Mambi. Dia menerima bantuan sebesar Rp 3,5 Juta.

Kadis Perindagkop Amir Maricar, mengatakan, bantuan tersebut murni dari Pemprov Sulbar atas inisiatif Gubernur. Pihaknya mengaku akan melanjutkan bantuanmodal tahap kedua untuk UMKM/IKM. Selain itu, dalam waktu dekat bantuan Presiden RI, Joko Widodo juga akan segera turun.

“Jumlah bantuan yang kita berikan sebesar Rp2,5-3,5 juta setiap pelaku UMKM/IKM sesuai klaster. Kita akan upayakan bantuan Pemprov Sulbar untuk tahap kedua jika anggaran masih memungkinkan. Akan ada juga bantuan dari Presiden yang tujuannya sama untuk meringankan beban pelaku UMKM/IKM di Sulbar,” jelas Amir Maricar.

Ali Baal Masdar tidak sendirian dalam penyerahan bantuan modal yang diserahkan secara simbolis diatas panggung kepada para wakil pelaku UMKM/IKM. Turut hadir Bupati Mamasa Ramlan Badawi, Wakil Bupati Mamasa Martinus Tiranda, Wakapolda Sulbar, Brigjen Pol. Umar Farouq, Kepala BPKP Sulbar, Hasuloan Manalu dan beberapa pejabat tingkat provinsi serta kabupaten Mamasa. (ian)

Komentar

News Feed