oleh

Genjot Proyek Dari Dana PEN

MAMUJU–Sejumlah proyek pekerjaan jalan yang bersumber dari pinjaman dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tahun 2021 terus digenjot di Sulbar. Pinjaman dikucurkan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) disetujui sejak September lalu.

Dikhawatirkan pinjaman dana PEN tak dapat dituntaskan akhir tahun ini dan menyeberang ke tahun depan. Mengantisipasi keterlambatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sulbar mewanti-wanti bakal melakukan monitoring. Agar pihak kontraktor melakukan percepatan penyelesaian.

“Termasuk, untuk mendorong penambahan alat berat di lokasi sehingga mempercepat merampungkan pekerjaan,” ujar Kepala Dinas PUPR Sulbar Aksan.

Selain persoalan alat berat, Aksan pun melihat pekerjaan fisik tersebut terkendala cuaca. Meski begitu, ia tetap menekankan agar pekerjaan tersebut bisa selesai tahun ini.
Disebutkan, proyek fisik yang bersumber dari APBD Sulbar tahun 2021, progresnya sudah sesuai harapan. “Bisa mencapai 100 persen sampai bulan ini,” bebernya.

Namun yang ia kuatirkan adalah proyek fisik dari pinjaman dana PEN. Besaran pinjaman dana PEN sebesar Rp 300 miliar. Harusnya diselesaikan di akhir tahun 2021. Beruntung, ada kebijakan memperbolehkan beberapa anggaran menyeberang ke tahun berikutnya. Dengan catatan, beberapa paket lainnya sudah dapat diselesaikan tahun ini.

Komentar

News Feed