oleh

Genjot Penanaman Mangrov, Bakal Jadi Peluang Usaha Masyarakat

PASANGKAYU — Wilayah pesisir Kabupaten Pasangkayu jika dipoles dan dirawat dengan baik, potensi menjadi pundi-pundi penghasilan bagi masyarakat dan pemerintah daerah.

Dari Sarude yang berbatasan dengan Kabupaten Donggala, Sulteng, hingga Benggaulu yang berbatasan dengan Kabupaten Mamuju Tengah, memiliki panorama pantai yang elok dan potensial untuk dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata.

Genjot Penanaman Mangrov, Bakal Jadi Peluang Usaha Masyarakat

Keelokan pantai tersebut salah satunya adalah kawasan hutan mangrove yang telah ditata oleh PT. Astra Agro sejak tahun 2008 silam melalui program Astra Mangrove Conservation (AMC).

Menurut Staff Bagian Konservasi PT. Astra Agro, Rustam, sampai dengan tahun 2020 pihaknya telah menanam 210.000 mangrov. Itu tersebar dari pesisir pantai Jengeng Raya, Muara Tikke, Pedongga dan desa Ako.

“Kami tidak hanya menanam mangrov tersebut, tetapi juga merawatnya dengan baik dan kami berharap kawasan kawasan tersebut pada akhirnya disamping sebagai sabuk hijau yang melindungi kawasan pesisir pantai dari bahaya abrasi, juga bisa memberi nilai tambah ekonomi dari makin berkembang biaknya biota laut yang ada di dalamnya serta dari potensi wisata mangrovenya,” ujar Rustam, Kamis 25 Februari 2021.

Di tempat terpisah, CDAM PT. Astra Agro wilayah Celebes Satu, Oka Arimbawa, mengaku sangat mendukung program penanaman mangrov yang sudah berjalan selama ini.

Menurutnya, melakukan program penghijauan hingga menanam 210.000 mangrov tentu bukan pekerjaan mudah. Karena daerah yang telah ditanami itu, akan jadi daerah tujuan wisata sehingga dapat membantu memberikan peluang usaha bagi masyarakat sekitar dan penghasilan asli daerah serta dapat mengurangi pengangguran.

Sehingga dengan akan dilantiknya Yaumil Ambo Djiwa dan Herny Agus sebagai Bupati dan Wakil Bupati Pasangkayu periode mendatang, maka atas nama management PT. Astra Agro juga mengucapkan selamat dengan harapan bisa bersinergi untuk mengembangkan investasi kelapa sawit di Bumi Vovasanggayu.

“Saya percaya Kabupaten Pasangkayu di bawah kepemimpinan Bapak Yaumil dan Ibu Herny akan dapat berkembang, maju dan terus memberi manfaat bagi masyarakat dan lingkungan. Dari sisi ekonomi, perusahaan juga siap bekerja sama agar kesejahteraan masyarakat semakin meningkat, serta saya berharap Pemkab Pasangkayu ikut mengambil bagian untuk mengembangkan mangrove, karena bisa dijadikan tempat wisata,” harap Oka Arimbawa. (asp/ham)

Komentar

News Feed