oleh

Gedung Labsite PAUD Diresmikan, Persiapkan Generasi Milenial Berkarakter

MAMUJU — Direktur Pembinaan PAUD Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Dr. Muhammad Hasbi meresmikan Gedung Labsite PAUD BP PAUD dan Dikmas Sulbar di Kompleks Perkantoran Gubernur Sulbar, Kamis 26 Desember 2019.

Peresmian ini merupakan pembangunan tahap pertama gedung Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BP PAUD dan Dikmas) Sulbar. Saat ini, baru ada tiga gedung yang sudah selesai pembangunannya yakni gedung sekolah PAUD, Aula PAUD dan dan asrama penitipan anak. Anggarannya sebesar Rp 4 miliar.

Tahun 2020, pembangunannya akan dilanjutkan. Total luas lokasinya sebesar 5 hektare dari hibah Pemprov Sulbar.

Muhammad Hasbi mengatakan, pembangunan gedung ini atas kolaborasi antara pemerintah pusat dan provinsi. Ini menunjukkan bahwa visi Gubernur Sulbar terkait pendidikan jauh kedepan. Meskipun, kewenangan PAUD ada di wilayah kabupaten, tapi pemerintah provinsi tidak lepas tangan. Buktinya, gedung BP PAUD dan Dikmas Sulbar berdiri megah di atas tanah seluas 5 hektare yang dihibahkan oleh Pemprov Sulbar.

“Kemendikbud RI berkomitmen terus menganggarkan pembangunan gedung BP PAUD dan Dikmas Sulbar hingga tuntas. Insyaa Allah, gedung ini akan memberi manfaat yang simbiosis mutualisme kepada semua pihak. Gedung ini akan menjadi sebuah model yang akan membawa perbaikan dan perubahan PAUD di Sulbar,” ujarnya.

Hasbi menambahkan, kehadiran PAUD di Sulbar sangat penting untuk meletakkan pondasi SDM yang unggul dalam mewujudkan Indonesia Maju. Hanya dengan PAUD yang berkualitas akan melahirkan SDM yang berkualitas.

“Begitu pentingnya peran PAUD dalam menciptakan SDM yang berkarakter sehingga Mendikbud sangat berkonsentrasi untuk mengembangkan PAUD, meskipun manfaatnya tidak dapat dirasakan dalam jangka pendek,” ujarnya.

Asisten I Pemprov Sulbar Muhammad Natsir mengatakan, peresmian gedung ini akan memperkuat basis pendidikan di Sulbar. Peresmian gedung ini juga membantu mengatasi kekurangan sarana dan prasarana PAUD yang berkualitas dan berstandar nasional di Sulbar.

“Kita harus memperkuat PAUD di Sulbar karena PAUD merupakan pondasi awal dalam meletakkan karakter anak bangsa kita. Tugas kita saat ini adalah membangun sinergitas antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat dalam menciptakan pendidikan yang berkualitas,” ujarnya.

Natsir meyakini, Kehadiran BP PAUD dan Dikmas di Sulbar akan mendorong prioritas pembangunan dari pusat. Dan ini sangat perlu dilakukan, karena Sulbar merupakan provinsi baru yang perlu didorong prioritasnya agar bisa menjawab tantangan terkait perbaikan pendidikan di Sulbar.

“Kehadiran BP PAUD dan Dikmas merupakan suatu prestasi yang luar biasa untuk Sulbar dalam menyongsong perencanaan dan kinerja yang lebih baik lagi kedepan. Kita optimis pendidikan akan lebih baik dengan kehadirannya,” ujarnya.

Kepala BP PAUD dan Dikmas Sulbar Dr. Andi Rusdi mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sulbar beserta jajarannya yang sudah berjasa sehingga pembangunan gedung BP PAUD dan Dikmas Sulbar bisa terlaksana dan berjalan dengan baik.

“Saya juga berterima kasih kepada Dirjend PAUD Kemendikbud Sulbar yang membantu memfasilitasi penganggaran pembangunan gedung ini sehingga bisa terealisasi,” ujarnya.

Peresmian gedung ini, lanjut Rusdi, untuk mempersiapkan generasi milenial dalam menghadapi tantangan yang semakin kompleks kedepan dengan membangun karakter dimulai dari PAUD.

“Salahsatu yang kita siapkan adalah sarananya. Alhamdulillah hari ini kita meresmikan tiga kelas sarana pembelajaran anak PAUD dengan segala fasilitas penunjangnya. Selain itu, juga membangun tiga ruang asrama untuk penitipan anak dan aula pembelajaran anak,” tambahnya.

PAUD ini diharapkan menjadi rule model kepada sekolah PAUD yang ada di Sulbar. Kualitas sarana dan prasarana PAUD ini akan di sejajarkan dengan standar nasional sehingga dapat membangun psikomotorik anak di Sulbar.

“Disini, proses belajar mengajarnya akan di isi oleh tenaga pengajar yang berkualitas dan terbaik di Sulbar untuk membimbing dan mendidik siswa. Agar di Sulbar 20 tahun kedepan akan lahir generasi milenial yang berkualitas dan unggul. Itu yang menjadi nawacita kami. Saya berharap, kehadiran gedung ini bisa dirasakan manfaatnya bagi masyarakat Sulbar,” ujarnya.

Salahsatu tujuan kehadiran gedung PAUD di sekitar kompleks Gubernur Sulbar ini untuk memperlancar kinerja para ASN yang memiliki anak.

“Januari, kami siap menerima siswa PAUD. Saya berharap ASN yang ada di Pemprov Sulbar bisa menyekolahkan anaknya disini sehingga konsentrasi mereka tidak terganggu untuk melaksanakan tugasnya sebagai ASN,” tutupnya. (ian/rs)

Komentar

News Feed