oleh

Galaxy Buds Pro, TWS Earphone Termutakhir dari Samsung

MENGAWALI tahun 2021, Samsung tetap melanjutkan perilisan perangkat smartphone flaghip terbarunya dari keluarga S Series yakni S21 Series di banyak pasar, termasuk Indonesia. Kendati, pandemi masih melanda.

Dalam perilisan salah satu smartphone papan atas Samsung itu, raksasa teknologi Korea Selatan (Korsel) itu turut memperbarui perangkat earphone True Wireless Stereo (TWS) mereka yakni Galaxy Buds.

Galaxy Buds Pro, TWS Earphone Termutakhir dari Samsung

Galaxy Buds yang diperbarui kali ini memiliki nama Galaxy Buds Pro. Kehadiran Galaxy Buds Pro sendiri boleh dibilang sebagai peningkatan atau pemutakhiran seri sebelumnya yakni Galaxy Buds Live. Adapun Galaxy Buds Live sendiri diluncurkan bersamaan dengan handset Galaxy Note 20 Series tahun 2020 lalu.

Samsung Galaxy Buds Live kala itu memiliki faktor bentuk earphone yang terbilang unik yakni menyerupai bentuk kacang merah. Beda dengan Galaxy Buds Live, Galaxy Buds Pro kali ini menawarkan keunggulan lainnya, berikut ulasan selengkapnya berdasarkan pengujian JawaPos.com (grup radarsulbar.co.id) selama beberapa waktu.

Kelengkapan

Pada paket penjualan earphone TWS juga kerap dilengkapi dengan beberapa aksesori tambahan. Untuk Galaxy Buds Pro, kendati kotak penjualannya tak lebih besar dari ukuran boks penjualan smartphone, paket penjualan earphone TWS Samsung ini terbilang lengkap.

Beda dengan Galaxy Buds Live terdahulu, Samsung Galaxy Buds Pro di sisi kotak penjualan perangkat earphone TWS ini hadir dengan kemasan atau boks penjualan berwarna hitam sementara Galaxy Buds Live terdahulu berwarna putih. Pewarnaan ini tampaknya menyesuaikan warna boks penjualan Galaxy S21 Series yang berwarna hitam juga. Terkesan misterius menyembunyikan fitur di dalamnya namun simple dan elegan.

Tampil ringkas dengan kemasan tak terlalu tebal, pada bagian muka terdapat tampilan Galaxy Buds Pro dan identitas penjualan bertuliskan ‘Galaxy Buds Pro’. Ketika membuka kemasan, langsung dijumpai perangkat Galaxy Buds Buds Pro yang kami dapatkan berwarna ungu atau dikenal dengan Phantom Violet.

Warna ungu tampaknya menjadi warna unggulan untuk seri Galaxy Buds terbaru. Selain warna ungu, ada pilihan warna lainnya yakni silver dan hitam. Kedua warna lain ini tak diberikan penamaan khusus oleh Samsung.

Di sisi kelengkapan paket penjualan, menurut kami, perangkat earphone TWS yang kini ditawarkan dengan harga Rp 2,9 jutaan ini cukup ringkas dan tertata rapih dengan sekat-sekat penyimpanan. Di bawah sekat penyimpanan Galaxy Buds Pro di kotak penjualan, ada kotak lagi yang berisi buku aksesori kabel daya untuk fungsi pengecasan perangkat ini yang sudah Type-C. Selain kabel daya, di kotak tersebut juga berisi aksesori karet pelapis cadangan yang bisa mengganti atau untuk menyesuaikan lubang telinga pemiliknya.

Desain

Perangkat TWS Samsung yang terbaru ini tampil cukup segar namun masih mirip dengan pendahulunya dengan bentuk casing yang mirip kotak make-up atau cermin kecil yang biasa ada di tas kaum hawa.

Menurut kami, Galaxy Buds Pro dari segi desain cocok disebut sebagai penerus Galaxy Buds Plus, karena bertipe in ear, alias mempunyai bagian eartips berbahan silikon yang masuk ke rongga telinga, bukan seperti Galaxy Buds Live.

Namun menurut Samsung, kali ini, mereka menggunakan desain khusus yang dapat mengurangi kontak keras dan berlebih antara rongga telinga dan eartips. Desain seperti ini menurut Samsung dapat meningkatkan rasa nyaman dan mengurangi rasa tersumbat dalam telinga pengguna.

Casing pengisi daya Galaxy Buds Pro masih menggunakan USB-C seperti yang kini banyak hadir di ponsel Samsung, yang berarti Anda tidak perlu membawa kabel terpisah. Selain pengecasan manual dengan kabel, earphone TWS premium ini sudah dibekali teknologi pengecasan nirkabel alias wireless charging.

Penggunaan

Earphone TWS premium Samsung kali ini menawarkan cukup banyak fitur yang memudahkan penggunanya. Misalnya saja di bagian luar buds, ada tombol sentuh kapasitif untuk beberapa kontrol fungsi seperti bass, treble atau mengaktifkan asisten virtual Anda, menurunkan volume serta mengaktifkan amplifikasi suara ambient juga dimungkinkan dengan menyentuh tombol kapasitif ini.

Galaxy Buds Pro kali ini juga masih dapat terhubung ke perangkat Bluetooth apa pun. Baik itu Android, iOS, dan PC semuanya dapat berfungsi dengan baik. Untuk pengalaman lebih maksimal, pengguna bisa mengunduh aplikasi Samsung Galaxy Wearable di Play Store untuk pengguna Android ataupun aplikasi Galaxy Buds untuk pengguna iOS di App Store.

Dengan kontrol lewat aplikasi Aplikasi misalnya Galaxy Wearable, pengguna dapat mengatur karakteristik suara dengan enam preset (Soft, Dynamic, Bass boost, Clear, Treble boost dan Normal), mengaktifkan dan menonaktifkan fitur penghilang kebisingan aktif atau Active Noise Cancelling (ANC), mengeluarkan pembaruan software dan memilih apa yang dilakukan dengan mengetuk tombol kapasitif Galaxy Buds Pro.

Ada juga fitur pengaturan ketukan pada setiap buds untuk menjeda atau melanjutkan pemutaran. Ketuk dua kali akan memainkan lagu berikutnya, ketuk tiga kali untuk memutar lagu sebelumnya dan pengaturan lainnya.

Pengguna bisa menyesuaikan apa yang dilakukan ketuk dan tahan pada setiap buds. Misalnya bisa memunculkan Bixby, Spotify, menambah dan mengurangi volume atau mengaktifkan atau menonaktifkan peredam bising. Pengguna juga dapat pula mengatur ulang buds dari aplikasi Samsung Galaxy Wearable dan ada fitur Find My Earbuds yang akan membuatnya berdering.

Bicara soal pengalaman penggunaan, meski cenderung kembali ke faktor bentuk earbuds yang lama dengan konsep “menyumbat telinga” atau in-ear, perangkat ini tetap nyaman digunakan. Tak dapat dipungkiri, desain in-ear pada setiap buds memang lebih menawarkan isolasi kebisingan yang jauh lebih baik dan menghasilkan bass yang lebih baik juga.

Meski demikian, buat sebagian orang, menggunakan perangkat earphone TWS dengan konsep demikian dalam waktu lama dapat membuat telinga terasa pegal. Kendati diklaim lebih baik dan nyaman dengan beberapa perbaikan, desain in-ear pada Buds Pro kali ini buat kami tetap sama saja. Pegal kala digunakan dalam waktu lama.

Galaxy Buds Pro yang disebut cocok untuk ‘pengguna sibuk’ dengan mobilitas dan penggunaan maksimal dalam waktu lama hadir menggunakan woofer 11 mm dan tweeter 6,5 mm. Karena menggunakan desain in-ear, fitur ANC yang ditawarkan juga terasa semakin ditingkatkan.

Kesan saat menggunakan Samsung Galaxy Buds Pro, kami masih suka karakter suaranya. Khas earphone papan atas Samsung. Perangkat ini tetap menawarkan sensasi nge-bass namun seimbang dengan suara sekitar. Desain in-ear membuat Buds Pro mampu menghasilkan tingkat bass maksimal dan solid.

Dalam pengaturan Dinamis atau Normal, Buds Pro terdengar jernih dan seimbang antara volume dan bass. Pengalaman penggunaan juga makin impresif dengan fitur peredam bising aktif atau ANC, sangat bermanfaat jika Anda menggunakan earbud di tengah keramaian.

Mode ambient sound sekarang di Galaxy Buds Pro juga bisa meningkatkan suara di sekeliling sampai 20 desibel. Galaxy Buds Pro juga bisa mendeteksi suara pengguna saat berbicara, dan langsung beralih ke mode ambient sound secara otomatis dan menurunkan volume musik.

Untuk keperluan berbicara dengan perangkat ini, tak lupa ada juga tiga mikrofon dan voice pickup unit di masing-masing earbuds. Ini bisa membuat suara semakin jelas saat melakukan panggilan suara dan video oleh pengguna.

Galaxy Buds Pro juga memiliki fitur-fitur audio tambahan seperti 360 Audio dengan teknologi Dolby Head Tracking ketika menonton video di ponsel atau tablet Samsung. Ada juga Game Mode yang bisa mengurangi latensi audio saat memainkan game di perangkat smartphone Galaxy S21 Series.

Teknologi Tracking ini membuat penggunanya seolah berada di tengah ‘panggung’. Teknologi yang sama juga bisa dipakai oleh vlogger untuk merekam suaranya sendiri dan suara dari sekitar dengan mengsinkronisasi mikrofon di Galaxy Buds Pro dan smartphone Galaxy S21 Series.

Galaxy Buds Pro berdasarkan pengujian kami sanggup bertahan hingga lima jam penggunaan jika ANC diaktifkan. Sementara jika fitur ANC dimatikan, perangkat ini sanggup digunakan hingga delapan jam nonstop. Sementara charging case bawaannya bisa memberikan waktu tambahan hingga 13 jam, atau 20 jam jika ANC dimatikan.

Untuk yang gemar berolahraga juga diakomodir oleh Samsung. Galaxy Buds Pro mengakomodasi pencinta olahraga dengan telah memiliki standar IPX7 yang membuat earbuds ini tahan air dan keringat.

Kesimpulan

Galaxy Buds Pro konsisten mewakili Samsung dalam segmen earphone premium dengan kualitas suara premium. Selain aspek desain, soal kualitas suara, fitur dan teknologi yang ada pada Galaxy Buds Pro kali ini juga menjadi kebanggan tersendiri jika dibandingkan dengan merek lain.

Seperti biasa, tuning berkualitas hadir di setiap perangkat audio premium mereka termasuk Galaxy Buds Pro ini. Meskipun kembali pada desain in-ear pada setiap earbuds-nya, konsep ini masih sangat pas untuk memenuhi kebutuhan earbuds nirkabel premium dengan baterai yang cukup tahan lama.

Buat segmen yang dituju yakni pengguna yang cukup sibuk dengan gadget mereka termasuk untuk perangkat earphone-nya, Galaxy Buds Pro kali ini cukup bisa diandalkan. Kapasitas penggunaannya terasa peningkatannya untuk digunakan dalam waktu lama. Selain itu, beberapa fitur yang ada dan dimaksimalkan juga semakin membantu. (jpg)

Komentar

News Feed