oleh

Empat Tahun Melarikan Diri, DPO Narkoba Diringkus

MAMASA – Seorang terdakwa kasus penyalahgunaan narkoba yang sempat melarikan diri saat proses persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Polewali tahun 2016 lalu akhirnya diringkus. Terdakwa kasus penyalahgunaan narkoba bernama Rosalinda ini dibekuk tim Kejati Sulbar dan Kejari Mamasa di tempat persembunyiannya di Kota Parepare Sulsel. Penangkapan ini dilakukan Sabtu 3 Oktober lalu dipimpin langsung Asisten Intelejen Kejati Sulbar, Irvan Samosir dan tim jaksa eksekutor.

Sebelum meringkus Rosalinda, tim Kejati Sulbar melakukan pengintaian selama tiga hari dua malam disekitar tempat persembuyiannya. Terdakwa Rosalinda bersama suaminya saat menjalani proses persidang di Pengadilan Negeri Polewali berhasil kabur dan menjadi buronan Kejari Mamasa selama empat tahun.

Sementara suami Rosalinda, berhasil ditangkap Satnarkoba Polda Sulsel. Tetapi satusnya sekarang sudah bercerai dengan Rosalinda.

Kasi Intel Kajari Mamasa Andi Dharman membenarkan saat ini buronan narkoba Rosalinda telah diamankan oleh pihak kejaksaan.

“Saat ini Rosalinda kita titip penahananya di Rutan Polres Mamasa. Rencananya akan dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Polewali untuk disidangkan,” terang Andi Dharman.

Sementara untuk suami dari Rosalinda sementara dijemput oleh pihak Kejari Mamasa.

“Saat ini saya bersama pak Kajari Mamasa serta Kasipidum Kejari Mamasa sementara menjemput suami Rosalinda yang telah diringkus Satnarkoba Polda Sulsel kemudian dibawa ke Mamasa selanjutnya melimpahkan kasus ke pengadilan Polewali menjalani persidangan,” ujar Andi Dharman.

Ia mengaku, proses kelanjutan persidangan dua DPO narkoba ini akan dilakukan secara online.

“Sehingga tidak terlalu beresiko untuk kabur kembali, apalagi perkaranya juga sudah di Polda Sulbar,” tambahnya.

Andi Dharman menyebutkan terlebih saat ini undang undang mengisyaratkan untuk melakukan persidangan online. “Mengingat masa Covid-19, dan belum ada putusan baru,” sebutnya.

Kasat Reskrim Polres Mamasa Iptu Dedi Yulianto membenarkan saat ini tahanan Kejari Mamasa yang DPO kasus narkoba penahananya dititipkan ke Polres.

“Statusnya tahanan jaksa yang dititip di Sel Mapolres Mamasa,” ujar Iptu Dedi.

Ia mengaku jika penitipan tahanan narkoba tersebut sejak Minggu 4 Oktober lalu.

“Sementara suami Rosalinda saat ini sudah ditangkap anggota Satnarkoba Polda Sulsel,” tambahnya. (r4/mkb)

Komentar

News Feed