oleh

Empat Bulan TPP Tak Dibayarkan

POLEWALI – Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar pastikan tambahan penghasilan pegawai (TPP) yang belum tuntas dibayarkan tahun 2020 tidak akan dibayarkan di tahun 2021.

Jumlah TPP yang tidak dibayarkan mencapai Rp10 miliar lebih untuk empat bulan. Pemkab hanya membayarkan TPP selama delapan bulan. Berdasarkan data yang dihimpun, pada tahun 2020 lalu masih terdapat tuggakan pembayaran TPP Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkab Polman.

Kepala Badan Keuangan Pemkab Polman Mukim Tohir dikonfirmasi di ruangan kerjanya, Jumat lalu membenarkan jika pembayaran TPP ASN tidak full tahun 2020. Pemkab hanya membayarkan delapan bulan saja.

“TPP memang sudah kewajiban Pemda, namun dalam aturan juga disebutkan bahwa pembayarannya harus disesuaikan dengan kemampuan daerah,” jelas Mukim Tohir.

Pemkab sebenarnya siapkan pembayaran TPP untuk 12 bulan. Tapi ditengah perjalanan ada pengurangan keuangan daerah sehingga otomatis pihaknya tidak mampu memenuhi semua.

“Ada empat bulan yang kita tidak penuhi. Karena kemampuan daerah hanya segitu hanya sebatas itu juga yang dibayarkan. Dan itu hanya tunjangan bukan gaji pegawai,” jelas Mukim.

Dasar Pemkab tidak melakukan pembayaran sudah diatur dalam Peraturan Bupati namun sayang Ia lupa nomor Perbup tersebut. Menurutnya di PP Nomor 12 juga disebutkan jika pembayaran TPP disesuaikan kemampuan keuangan daerah.

“Ini kan bukan hak wajib, tunjangan bukan bukan gaji pokok. Jika PAD bagus bisa ditingkatkan namun jika menurun turun juga,”ujar Mukim.

Ia berharap tahun ini tidak ada hambatan lagi sehingga TPP bisa dibayarkan full seuai dengan kinerja setiap pegawai. (arf/mkb)

Komentar

News Feed