oleh

Ekonomi Konsumen di Sulbar Sedikit Meningkat

MAMUJU–Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Barat menyatakan kondisi ekonomi konsumen di Provinsi Sulbar meningkat.

”Berdasarkan indeks Tendensi Konsumen (ITK) Sulbar pada triwulan III tahun 2019 maka kondisi ekonomi konsumen meningkat 106,34,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulbar, Win Rizal di Mamuju, Jumat.

Ia mengatakan itu artinya kondisi ekonomi konsumen membaik dibanding triwulan sebelumnya. Meskipun ekonomi konsumen membaik, namun level optimisme konsumen pada triwulan ini menurun 15,14 poin dibandingkan triwulan sebelumnya.

“Meningkatnya kondisi ekonomi konsumen pada triwulan III tahun 2019 di Sulbar terjadi karena peningkatan indeks semua komponen pembentuk ITK,” katanya.

Menurut dia, jika dibandingkan dengan provinsi lain di Sulampua, perolehan ITK Sulawesi Barat berada pada urutan kedua di Indonesia.

ITK tertinggi sebesar 110,83 di Sulawesi Utara dan terendah terjadi di Papua Barat sebesar 97,70. Nilai ITK Sulawesi Barat pada triwulan IV tahun 2019 diperkirakan sebesar 100,62, artinya kondisi ekonomi konsumen
diperkirakan masih lebih baik daripada triwulan III tahun 2019.

Optimisme konsumen dalam menyambut triwulan IV tahun 2019 diperkirakan akan lebih rendah 5,72 poin dibandingkan triwulan III tahun 2019. (ant)

Komentar

News Feed