oleh

Dua Ribu Relwan PMI Makassar Disiagakan

MAKASSAR–Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar H Syamsu Rizal MI mengatakan, sebanyak 2.000 relawan PMI telah disiagakan untuk membantu pencegahan penyebaran COVID-19 berkolaborasi dengan kelembagaan lain melakukan penyemprotan desinfektan di sejumlah objek vital.

Hal itu dikemukakan Syamsu Rizal yang akrab disapa Deng Ichal disela rapat koordinasi di Kantor PMI Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis 19 Maret. ”Alhamdulillah setelah Pemkot rapat koordinasi gugus tugas COVID-19, maka akan dilakukan penyemprotan di beberapa objek vital dengan melibatkan para relawan,” katanya.

Dia mengatakan, penguatan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) juga dilakukan untuk mendukung kegiatan operasional pencegahan penyebaran infeksi virus corona.

Karena itu, lanjut dia, mulai hari ini dilakukan penyemprotan oleh KSM Markaz, Palang Merah Remaja (PMR) dan Simbad dengan menyasar kantor kecamatan, masjid, kantor kelurahan, markas koramil serta Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) di Jalan Kandea, Makassar.

”Pasukan kita kemarin, sudah dilaporkan bahwa relawan sebanyak 2.000 orang siap dimobilisasi dan kini sedang berkoordinasi dengan beberapa organisasi dan kelembagaan untuk mengambil bagian membantu Pemda,” kata Deng Ichal.

Yang jelas, lanjut dia, besok para relawan itu akan diterjunkan secara besar-besaran dan tinggalmenunggu komnado operasi yang diketuai Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar.

Berkaitan dengan hal tersebut, Ketua PMI Makassar siang ini membuat surat tugas operasi pada 2000 relawan PMI untuk siap bergerak mengantisipasi penyebaran Covid-19 melalui penyemprotan desinfektan tanpa dipungut biaya. (ant)

Komentar

News Feed