oleh

Dua Poktan Terima 1.000 Ternak

PASANGKAYU – Dua kelompok tani (poktan) terima bantuan bibit ayam dari Pemkab Pasangkayu. Masing-masing poktan menerima sebanyak 500 ekor.

Kedua poktan dimaksud adalah, Surya Kencana dari Desa Kasoloang Kecamatan Bambaira dan Poktan Lestari dari Desa Lilimori Kecamatan Bulutaba.

“Bantuan kepada kedua kelompok tani itu, harus dikelola secara baik. Sehingga manfaatnya dapat dirasakan serta mensejahterakan semua anggotanya. Jangan hanya pengurus yang menikmati hasilnya,” pesan Bupati Pasangkayu Agus Ambo Djiwa, dalam penyerahan bantuan tersebut secara simbolis, Senin 28 September.

Dikatakannya, bantuan yang diberikan pada masyarakat harus dipelihara dengan baik dan berkesinambungan. Jika Kabupaten Pasangkayu bisa memproduksi ayam pedaging secara besar-besaran, kebutuhan ibukota negara baru bisa disangga.

Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Pasangkayu, Mujahid mengatakan jenis bibit ayam yang dibagikan adalah Ayam Kampung Unggul Balitnak (KUB) yang merupakan hasil seleksi genetik dari riset Badan Litbang Pertanian di Bogor selama enam generasi, kemudian di publikasikan pada tahun 2012.

“Ayam ini awalnya dikembangkan untuk dijadikan sebagai ayam petelur. Namun jika dirasakan, dagingnya ternyata cukup enak untuk dikonsumsi sebagaimana daging ayam kampung asli. Ini ayam kampung pedaging, bukan ayam petelur,” tutur Mujahid.

Bantuan yang kedua kalinya ini, bersumber dari APBN tahun 2020 yang melekat pada Kementerian Pertanian. Poktan juga menerima bantuan berupa biaya kandang Rp 3.000.000, pakan 1.000 kg dan obat-obatan serta vitamin 1 paket.

“Kita harap bantuan itu bisa berkembang, dan bukan hanya bantuan ayam saja. Semua bantuan ternak yang telah diberikan pemerintah ke masyarakat itu dikembangkan sebaik mungkin, agar kedepan kita siap menyangga ibu kota baru dari segi penyediaan daging,” tandasnya. (r3/dir)

Komentar

News Feed