oleh

Dua Pasien Meninggal, Jangan Kendor Terapkan Prokes

MAMASA — Dalam perkembangan kasus Covid-19 Kabupaten Mamasa, dua orang dinyakan meninggal. Di sisi lain, ada tambahan 9 orang yang dinyatakan sembuh.

Data Satgas Penanganan Covid-19 mencatat hingga, Minggu 27 Desember 2020, total kasus positif sebanyak 66 orang. Dimana dua orang menjalani isolasi mandiri, 62 orang sudah dinyatakan sembuh dan dua orang meninggal dunia.

Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Mamasa Simon Ratta mengimbau masyarakat agar tidak kendor dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19.

“??Saya mengajak pada masyarakat agar terus menaati protokol kesehatan. Dengan selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta ingat selalu 3M,”? ujar Simon.

Ia berharap dalam kondisi pandemi Covid-19, warga disiplin memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Simon berharap masyarakat semakin sadar dan disiplin untuk selalu menerapkan prokes ditengah situasi pandemi Covid-19.

Sementara dua kasus meninggal dunia karena korona pad Rabu 24 Desember. Keduanya telah dikebumikan sesuai dengan prosedur penanganan Covid-19. “Dimana salah satu pasien berinisial AG berdomisili di Kecamatan Balla,” terang Simon Ratta.

Lanjut Simon, dimana saat itu AG dirawat di RSUD Kondosapata Mamasa pada tanggal 14 Desember masuk ruang perawatan. Pasien tersebut dilakukan rapid test namun hasilnya non reaktif.

Namun pada 18 Desember, pasien dirujuk ke RSUD Polewali. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan. Pada 19 Desember pasien tersebut dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil swab.

“Sesuai pemeriksaan Laboratorium RSUD Polewali pasien dinyatakan positif. Pada tanggal 23 Desember 2020, dinyatakan meninggal dunia pada pukul 04:40 wita,” terang Simon.

Karena meninggal dunia dengan status pasien Covid-19, sehingga 24 Desember dilakukan penguburan sesuai penanganan Covid-19.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Mamasa Into Raharap menyampaikan sebanyak tujuh orang keluarga almarhum yang diduga kontak erat sekarang menjalani karantina mandiri di rumahnya.

Ia menambahkan, selain ada sembilan warga dinyatakan sembuh dari Covid-19. “Dimana sebanyak sembilan orang telah dinyatakan sembuh. Sehingga dari 66 orang terkonfirmasi positif ada 62 orang dinyatakan sembuh. Sisa dua orang menjalani isolasi mandiri dan dua orang lainnya meninggal dunia,” tambahnya. (zul/mkb)

Komentar

News Feed