oleh

Dua Kali Reaktif, Pasien Meninggal Dunia, Pemakaman Sesuai Prokes Covid-19

PASANGKAYU – Seorang pasien di RSUD Pasangkayu meninggal dunia. Pasien telah dua kali menjalani rapid tes dengan hasil reaktif, sehingga proses pemakaman menggunakan protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

Pasien berinisial M, berusia 53 tahun yang berjenis kelamin perempuan ini, memiliki penyakit seperti demam, diabetes dan sakit kepala. Prosesi pemakaman denga prokes covid 19, untuk mengantisipasi penularan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pasangkayu, Samhari mengatakan, sebelumnya pasien dengan kondisi demam ini dirawat di Puskesmas Tikke selama tiga hari. Namun tak kunjung membaik, sehingga dirujuk ke RSUD Pasangkayu dan dirawat selama dua hari kemudian meninggal.

“Hasil swab belum ada, tapi dua kali rapid tes kepada yang bersangkutan hasilnya selalu reaktif,” tutur Samhari, Minggu 20 September.

Mengetahui proses pemakaman menggunakan prokes Covid-19, pihak keluarga menolak. Terlebih, tidak ada riwayat perjalanan pasien keluar daerah sebelum sakit.

“Pihak keluarga sempat menolak. Tapi setelah kami beri pemahaman, akhirnya pihak keluarga menerima,” ungkap Samhari.

Jenazah pasien tersebut dimakamkan di perkuburan umum di Desa Tikke Kecamatan Tikke, oleh tim gugus tugas dengan memakai APD lengkap. (r3/***)

Komentar

News Feed