oleh

DTH untuk 519 KK Korban Gempa di Majene Disalurkan

MAJENE – 519 Kepala Keluarga (KK) korban gempa bumi di Kecamatan Malunda dan Ulumanda, Kabupaten Majene, akhirnya menerima Dana Tunggu Hunian (DTH), Kamis 10 Juni 2021. Penyerahan bantuan ini di Kantor Camat Malunda bagi warga klaster rumah rusak berat.

DTH merupakan bantuan pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) senilai Rp 3 juta selama enam bulan atau Rp500 ribu per bulan untuk satu kepala keluarga.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Majene Ilhamsyah menyebutkan, yang menjadi dasar penyaluran DTH adalah SK Bupati yang sebelumnya telah dibentuk tim untuk melakukan verifikasi data kerusakan rumah sesuai review Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP).

“Hasilnya kerusakan rumah di Kecamatan Malunda 229 unit dan 290 unit untuk Kecamatan Ulumada. Untuk data 519 tersebut sudah termasuk relokasi. Sementara untuk tahap kedua masih berproses di BNPB,” jelas Ilham.

Bupati Majene Lukman mengatakan bantuan DTH bagi korban gempa harus disyukuri berapa pun nilainya.

”Sudah enam bulan daerah kita dilanda bencana selama ini banyak isu didengarkan namun akhirnya pemerintah mampu menuntaskan lebih cepat melalui BRI,” ucap Lukman.

Komentar

News Feed