oleh

DPRD Pasangkayu Temukan Proyek Mangkrak

PASANGKAYU – Pembangunan jembatan yang menghubungkan Bambabone, Saluapu, Mandar Dua, Pakava dan Ngovi, mangkrak. Diduga diringgalkan rekanan.

Anggota DPRD Pasangkayu, Karma yang datang ke lokasi pembangunan jembatan tersebut, hanya menemukan abutmen dari besi, terpasang papan namun belum dilakukan pengecoran.

“Persoalan jembatan di Desa Pakava Dusun Mandar Dua itu, tidak menemukan satu pekerja pun. Kemudian abutmen yang dikerjakan itu belum sedikitpun dilakukan pengecoran,” kata Karma, Rabu (8/9/2021).

Anggaran proyek konstruksi tersebut sebesar Rp 3,5 miliar dengan tenggat waktu pengerjaan 300 hari kalender yakni dari 15 Januari hingga 10 November 2021.

Dengan sisa waktu kerja dua bulan ke depan berdasarkan kontrak dipapan proyek, Karma meminta kepada dinas terkait agar lebih serius menanganinya. Mengawasi rekanan di lapangan agar apa yang menjadi keinginan bapak bupati dalam memperbaiki infrastruktur daerah untuk kepentingan rakyat betul-betul terlaksana dan bermanfaat.

“Kondisi abutmen ketika dilanjutkan pekerjaan harus tanah dan lumpur yang ada didalam dikeluarkan kemudian dilakukan pengecoran. Karena pada saat dilakukan kunjungan, abutmen itu tertimbun tanah dan lumpur,”

Sementara Manajer bidang Umum PT Bintang Tholaling, Edhy P Putra saat dikonfirmasi mengaku, selaku perusahaan yang memenangkan tender, akan melanjutkan pembangunan jembatan di mandar dua.

Tidak adanya pekerja yang ditemui DPRD saat melakukan peninjauan menurut Edhy, karena tukang yang melakukan pekerjaan itu tidak sanggup melanjutkan pekerjaannya dan mundur.

“Tukangnya mundur, makannya tidak ada pekerja ditempat proyek. Selain itu, karena sering hujan, air sungai selalu meluap,” tutur Edhy P Putra, melalui telepon, Kamis 9 September.

Katanya jembatan tersebut berbahan baja dan sementara dirakit di Jakarta. Kalau tidak ada halangan, akhir bulan September ini rangka bajanya sudah tiba di Pasangkayu.

“Pekan ini sudah ada tukang yang masuk kerja. Kalau rangka bajanya sudah ada, sangat optimis pekerjaan jembatan itu akan rampung sebelum akhir kontrak,” jelasnya. (asp/jsm)

Komentar

News Feed