oleh

DPMD Pasangkayu Baru Tindaklajuti Rekomendasi Ombudsman

PASANGKAYU — Perwakilan Ombudsman Sulbar pada September 2020 lalu, mengeluarkan rekomendasi kepada Bupati Pasangkayu untuk memecat Kepala Desa Bulubonggu, Kecamatan Dapurang.

Rekomendasi itu diterbitkan, karena kepala desa tidak mengindahkan instruksi Ombudsman untuk mengembalikan perangkat desa yang dipecat. Perihal tersebut merupakan tindak lanjut laporan dari masyarakat setempat dan ditemukan adanya maladministrasi.

Pemerintah Desa Bulu Bonggu dianggap telah melakukan pelanggaran terhadap UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Permendagri Nomor 66 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Permendagri Nomor 82 tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Desa, serta Perda Kabupaten Pasangkayu Nomor 4 Tahun 2017 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa.

Terkait hal tersebut, Bupati Pasangkayu melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pasangkayu Moh. Ikbal N. Pali, mengaku telah memanggil kepala desa Bulubonggu dan dilakukan rapat terbatas dengan Asisten I bidang Pemerintahan Pemkab Pasangkayu Abdul Wahid.

Kata Ikbal, Kepala Desa Saptanajaya, Kecamatan Duripoku, juga dipanggil karena mendapat aduan yang sama serta telah mendapatkan teguran keras dari Ombudsman.

“Surat Ombudsman itu adalah untuk tindakan korektif terhadap dua desa yaitu Bulubonggu dan Saptanajaya. Terkait hal itu kami sudah melakukan pertemuan, dimana aparat lama yang dipecat itu dikembalikan ulang, agar tata pemerintahannya bisa membaik,” terang Moh. Ikbal N. Pali, Selasa 29 Desember 2020.

Lanjut Ikbal, apabila aparat lama telah dikembalikan dan dalam perjalanannya ada hal-hal yang perlu dipertimbangkan, itu dilakukan seleksi sesuai mekanisme dan aturan yang berlaku.

Terkait lambatnya tindaklanjut terhadap rekomendasi Ombudsman tersebut, kata Ikbal, karena saat itu masih dalam suasana pilkada. Sehingga prosesnya tidak dilakukan dan baru bisa dilaksanakan akhir Desember ini.

“Mereka harus secepatnya mengembalikan perangkat yang dipecat itu, kalau bisa hari ini sudah melakukan pertemuan untuk pengembalian perangkat desa yang lama,” tegasnya. (asp/ham)

Komentar

News Feed