oleh

DPM-PTSP Sulbar Terus Lakukan Inovasi Untuk Perbaikan Pelayanan Perizinan di Sulbar

MAMUJU — Setelah menerima penghargaan Sistem Pelayanan Terpadu sebagai implementasi dalam mewujudkan Reformasi Birokrasi di Sulbar dari Kemenpan-RB, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Sulbar kembali melakukan inovasi baru.

Inovasi kali ini terkait pelayanan jemput bola bagi masyarakat atau pengusaha yang izin usahanya sudah hampir berakhir untuk dilakukan perpanjangan. Bagi pengusaha yang izin usahanya sudah hampir habis, maka DPM-PTSP Sulbar menghubungi yang bersangkutan melalui telpon untuk menanyakan apakah ingin memperpanjang izin berusahanya atau tidak. Jika yang bersangkutan ingin memperpanjang tapi tidak bisa menggunakan aplikasi Online Single Submission (OSS) maka kami mendatangi yang bersangkutan untuk mengajari cara penggunaan aplikasi tersebut.

“Kita memiliki semua database pengusaha di Sulbar. Pengusaha yang sudah habis izinnya akan kita hubungi untuk dilakukan perpanjangan. Sebagai contoh, kemarin ada masyarakat yang ingin mengurus Nomor Induk Berusaha (NIB), tapi masyarakat tersebut tidak mengetahui terkait penggunaan aplikasi OSS maka kami mendatangi yang bersangkutan untuk mengajari cara penggunaan aplikasi tersebut. Hanya sekitar satu jam, NIB nya sudah selesai,” ujarnya.

Rahmat berharap, semoga masyarakat di Sulbar bisa terbantu dan memanfaatkan inovasi yang DPM-PTSP Sulbar lakukan, agar Sulbar bisa maju dan sejajar dengan provinsi lainnya. Pihaknya terus berbenah untuk menjadi yang terbaik dalam hal pelayanan perizinan. Ini dilakukan semata-mata untuk meningkatkan pelayanan terbaik atau terpadu untuk masyarakat terutama dimasa pandemi saat ini.

“Inovasi ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Kami akan terus menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan perizinan yang prima kepada seluruh masyarakat,” ujarnya.

Sebelumnya DPM-PTSP Sulbar meraih penghargaan dari Kemenpan RB terkait Sistim Pelayanan Terpadu sebagai inplementasi dalam mewujudkan Reformasi Birokrasi di Sulbar.

“Penghargaan ini akan menjadi motivasi dan spirit untuk kita bekerja lebih baik lagi agar harapan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan di bidang perizinan dari DPM-PTSP Sulbar bisa terwujud,” tutupnya. (ian)

Komentar

News Feed