oleh

DPM-PTSP Sulbar Mudahkan Perizinan Usaha

MAMUJU – Pandemi Covid-19 telah menjadi global shock bagi perekonomian secara nasional. Di Sulbar misalnya, menurut Kepala Dinas Penananamam Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Sulbar Rahmat Sanusi, kondisi pandemi ini memang telah menyebabkan banyak usaha berhenti berproduksi. Ada juga yang karyawannya dirumahkan atau dengan sistem bergilir, bahkan ada yang kena PHK.

Meski demikian, ada sektor-sektor usaha yang kemungkinan terancam dan ada pula yang justru punya potensi bertumbuh di masa pandemi. “Makannya dunia usaha kini tengah memutar otak dan strategi. Di sinilah peran sistem perizinan yang terintegrasi menjadi penting agar roda usaha bisa terus berputar. Dan di masa pandemi ini, sistem perizinan online juga menjadi sangat penting mencegah sistem pendaftaran perizinan secara tatap muka,” ucap Rahmat, Rabu 8 Desember 2021.

Kata Rahmat, sekarang ada yang namamya Online Single Submission (OSS) yang diluncurkan Presiden Jokowi tahun yang lalu. Ini adalah solusi dari permasalahan yang efektif untuk memudahkan wirausahawan berkembang saat ini.

Ia juga mengemukakan, dengan melakukan digitalisasi di setiap prosesnya, tentu bagi dunia usaha ini akan jadi pembelajaran bagi UMKM untuk merapikan data-data usaha mereka. “Kita berikan kemudahan perizinan UMKM. Dan ini terus kami sosialisasikan kepada masyarakat. Di tengah pandemi ini kita dorong agar roda usaha terus berputar,” ujar Rahmat.

Hal lain, Rahmat juga berpesan agar di masa pandemi ini para pelaku usaha tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) dan melakukan vaksinasi guna mencegah penyebaran Covid-19. (ham)

Komentar

News Feed