oleh

DP3 dan Kedaulatan Pemilih

-Opini-1.664 views

UPAYA  mendorong sosialisasi dan kesadaran terhadap pemilih terus dirancang bangun Komisi Pemilihan Umum (KPU), melalui berbagai metode dan stratregi.

Oleh: Munawir Ariffin
Anggota KPU Polewali Mandar

Upaya ini dilakukan, bukan hanya dalam rangka penyebaran informasi semata. Yakni informasi tentang tahapan pemilu atau pemilihan, atau sosialisasi yang hanya dianggap menginformasikan hak dan kewajiban dalam setiap tahapan pemilih.

DP3 dan Kedaulatan Pemilih

Tetapi jauh daripada itu adalah internalisasi nilai-nilai demokrasi tiap warga negara Indonesia yang dilindungi oleh Undang-Undang Dasar 1945.

Internalisasi Nilai Demokrasi Melalui DP3

Dalam upaya menumbuhkembangkan kesadaran akan nilai-nilai demokrasi, khususnya kepemiluan, berbagai upaya dilakukan KPU sebagai wujud tanggung jawab agar mendorong kualitas demokrasi kita.

Pasca pilkada serentak tahun 2020, kita dihadapkan lagi dengan desain pemilihan umum dan pemilihan serentak pada tahun 2024.

Berdasarkan berbagai evaluasi, baik oleh stakeholder pemerhati pemilu, pemerintah maupun penyelenggara secara khusus (KPU/Bawaslu/DKPP), bukan hanya kuantitas dari penyelenggaraan pemilu dan pemilihan, semisal target partisipasi yang tinggi, tetapi dibutuhkan kesadaran dan kualitas berdemokrasi kita yang lebih baik secara berkesinambungan dapat dilaksanakan hingga level grass root.

Komentar

News Feed