oleh

Dorong Kesadaran Vaksinasi Terhadap Lansia

MAMUJU — Giliran kelompok lanjut usia (lansia) yang menjadi sasaran vaksinasi Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulbar dr Asran mengatakan, sudah memperkirakan rendahnya tingkat kesadaran lansia untuk mengikuti vaksinasi dibandingkan dengan dua kelompok lainnya, yakni tenaga kesehatan dan pelayan publik.

Dorong Kesadaran Vaksinasi Terhadap Lansia

Olehnya, ia berharap pemrintah kabupaten sebagai ujung tombak dalam melakukan survilens menempuh cara-cara terbaik guna memaksimalkan cakupan vaksin covid-19 bagi lansia.

“Di provinsi ini, kan kita cuma fasilitator. Sehingga kami di provinsi terus mendorong dan menyemangati kabupaten,” terang Asran, Senin 7 Juni.
Dia menjelaskan, setiap kabupaten tentu memiliki karakter berbeda-beda. Sehingga perlu kepekaan setiap pemkab menangkap karakter dimaksud, guna memberi pemahaman dan edukasi pada masyarakat terkait vaksin Covid-19.

Terpisah, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Sulbar dr Muhammad Ikhwan mengatakan, proses vaksinasi yang sedang berjalan di Sulbar telah menyasar tiga kelompok. Yakni tenaga kesehatan, pelayan publik dan lansia.

Disebutkan, dari 190.495 orang telah melakukan penyuntikan vaksin dosis pertama. Diantaranya 9.526 tenaga kesehatan, 111.643 pelayan publik dan 69.326 lansia.

“Cakupan (realisasi,red) untuk tenaga kesehatan mencapai 90 persen dari target sasaran. Ini sudah lumayan. Tetapi yang masih kurang itu, pelayan publik baru 30 persen dan lansia 1,4 persen,” terang Ikhwan. (imr/dir)

Komentar

News Feed