oleh

Dongkrak Kualitas ASN Lewat Pelatihan Karakter Kebangsaan

MAMUJU–Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sulbar menggelar pelatihan pengembangan karakter kebangsaan Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup Sulbar, Senin 8 Juli, di Mamuju. Kegiatan yang dikerjasamakan dengan BPSDM Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI ini berlangsung, mulai 8-13 Juli. Pesertanya sebanyak 30 orang ASN dari 30 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Sulbar.

Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Teknis Inti BPSDM Sulbar Wahyu mengatakan, tujuan pelatihan ini, untuk meningkatkan kompetensi ASN dalam melaksanakan perubahan yang cepat agar terwujud ASN yang mampu memberikan pelayanan publik yang berkualitas dengan nilai-nilai kebangsaan sebagai perencana pemerintah daerah.

Sekprov Sulbar,Muhammad Idris, mengapresiasi Kemendagri yang terus menerus mensupport kegiatan pelatihan bagi ASN di Sulbar. Pelatihan ini sangat dibutuhkan ASN di Sulbar yang jumlahnya sekitar lima ribu orang untuk mendongkrak kapasitas ASN dalam mempercepat penguasaan teknis. Termasuk pengembangan kompetensi sosial kultural.

Sulbar termasuk daerah yang kecil dari segala hal. Anggarannya kecil, ASNnya sedikit dan hal lainnya. Sebab itu, pengetahuan ASN Sulbar harus dilipat gandakan terkait karakter kebangsaan. “Tidak ada jalan untuk kita bisa maju cepat dan berkualitas kalau tidak didukung dengan SDM yang kuat dibirokrasi. Lima ribu ASN yang kita miliki sebenarnya sangat minim. Tapi itu akan menjadi cukup kalau semuanya berprestasi. Olehnya, ASN Sulbar harus serius dalam mengembangkan kompetensinya di bidang apapun,” ujarnya.

Mengembangkan Sulbar tidak terlalu sulit, sepanjang seluruh ASN mau bekerja keras dan terus mengembangkan pengetahuannya dalam segala hal. Selain itu, harus ada komitmen dari ASN untuk menyelesaikan masalah dengan cara terus berkoordinasi dengan pimpinan.

“Kebangsaan kita tidak akan menjadi kuat tanpa dukungan dari ASN yang kuat, olehnya kegiatan pelatihan bagi ASN kedepannya terus dilaksanakan dengan menyesuaikan perkembangan zaman. Bahkan, kedepannya harus diberikan reward bagi ASN yang mendapatkan nilai terbaik agar menjadi motivasi bagi ASN lainnya,” ujarnya.

Ia menambahkan, Sulbar membutuhkan ASN yang karakternya kuat karena harus memberi outcame yang bagus bagi daerah. Olehnya, dalam forum ini diharapakan narasumber Kemendagri bisa membantu kita bagaimana mengidentifikasi kelemahan-kelemahan karakter kebangsaan dari ASN di Sulbar.

“Melalui forum ini, kita akan mengenali tentang karakter kebangsaan untuk diimplementasikan dalam kinerja kita. ASN harus terampil dalam menjalankan salahsatu fungsinya yaitu sebagai perekat persatuan bangsa dan mengamankan bangsa,” ujarnya.

Idris berharap agar peserta benar-benar mengikuti pelatihan ini dengan baik. Karena, salahsatu kunci sukses dalam jabatan apapun, adalah belajar. Belajar apa saja yang memungkinkan untuk menambah wawasan anda.

“Saat ini, banyak sekali sumber untuk mendapatkan pengetahuan, tergantung kemauan kita saja. Jangan pernah cepat merasa puas terhadap kinerja yang sudah kita dapatkan. Terus perbaiki diri untuk mendapatkan kinerja yang maksimal,” ujarnya. (ian)

Komentar

News Feed