oleh

Dokumen TKI Majene di Malaysia Segera Dilengkapi

MAJENE–Tenaga kerja ilegal asal Kabupaten Majene yang sedang bekerja di Malaysia, bakal bisa bernapas legah. Disnakertrans Kabupaten Majene bertekad untuk melengkapi dokumen mereka sesuai persyaratan di negeri jiran itu.

Rencana ini paling lambat akhir tahun ini, sudah bisa terlaksana. Karena itu, Pemerintah Kabupaten Majene akan berkunjung ke Malaysia. Selain, bersilaturahmi para tenaga kerja asal Majene, Disnakerttans, juga akan melakukan pendataan jumlah tenaga kerja ilegal asal Majene.

Kepala Disnakertrans (Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi) Majene, Lawaji mengatakan, rencana tersebut dilaksanakan setelah rekrutmen tenaga kerja selesai. “Sekarang masih tahap perekrutan. Nanti Pemkab yang akan mengantar langsung ke Malaysia,” kata Lawaji, kemarin.

Menurutnya, selain mengatar para tenaga kerja asal Majene ke Malaysia, Pemkab Majene juga akan memperjelas TKI ilegal di negeri jiran itu. Kabarnya, banyak warga Majene yang berkerja di Malaysia tetapi tidak memiliki dokumen lengkap.

Yang terdaftar di Disnakertras hanya puluhan saja. Sedangkan data yang ada di Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi jumlahnya hanya ratusan. “Tetapi kenyataannya ribuan tenaga kerja asal Majene yang berkerja secara ilegal di Malaysia,” terangnya.

Terkait hal tersebut diatas, Pemkab Majene membuka kerjasama dengan Balai Pelayanan Penempatan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI). Ini yang sedang diperjuangkan agar tenaga kerja Majene di Malaysia bisa mendapatkan status legal.

Dengan demikian lanjut Lawaji, para tenaga kerja Majene bisa memiliki dokumen administrasi yang lengkap, sesuai peratuaran di sana. Saat ini, pihaknya sedang menunggu jadwal BP3TKI terkait pemberangkatan ke Malaysia. (kdr)

Komentar

News Feed