oleh

DLH Sulbar Latih Ormas Peduli Lingkungan Kelola Sampah Dengan Konsep 3R

POLMAN — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sulbar menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) pengelolaan persampahan di Kampung Baru Kecamatan Wonomulyo Polman, 6 hingga 7 September 2021.

Kepala DLH Sulbar Aco Takdir mengatakan, ketentuan Pasal 1 UU No 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Persampahan dinyatakan bahwa Sampah adalah sisa kegiatan sehari-hari manusia dan alam yang berbentuk padat yang perlu dikelola secara menyeluruh dan berkesinambungan, meliputi pengurangan dan penanganan untuk menciptakan lingkungan hidup yang nyaman, bersih dan sehat.

Selain itu, sistem pengelolaan sampah telah dijabarkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 81 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sejenis Sampah Rumah Tangga.

“Target pemerintah, tahun 2025 ada pengurangan timbunan sampah sebesar 30 persen atau 20,9 juta ton serta penanganan sampah sebesar 70 persen atau 49,9 juta ton, sebagaimana telah ditetapkan melalui Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2017. Hal ini hanya dapat tercapai apabila dilaksanakan secara kontinyu dan berkelanjutan. Oleh sebab itu, kelola sampah untuk hidup bersih, sehat dan bernilai,” ujarnya.

Aco Takdir menambahkan, agar pengelolaan sampah dapat mencapai tujuan yang diinginkan, maka setiap kegiatan pengelolaan sampah wajib mengikuti filosofi pengelolaan sampah. Filosofinya adalah, semakin dekat sampah dikelola dari sumbernya, maka pengelolaanya akan lebih mudah dan lebih baik,serta lingkungan yang terkena dampak juga semakin sedikit.

“Kita harus merubah pola paradigma pengelolaan sampah selama ini, yakni menghasilkan sampah dan dibuang ke TPA. Pola yang harus dikembangkan sekarang ini adalah dengan menggunakan konsep 3R yakni, Reduce (Mengurangi), Reuse (Menggunakan Kembali) dan Resicyle (Mendaur Ulang). Sisanya barulah dibuang ke TPA. Dengan menganut pola atau paradigma seperti ini, maka secara tidak langsung kita sudah ikut berkontribusi dalam pengendalian pencemaran lingkungan dari polusi sampah,” tutupnya.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Sulbar Benyamin Buttu mengatakan, peserta Bimtek ini sebanyak 50 orang dari organisasi masyarakat peduli lingkungan serta instansi terkait. Tujuannya, untuk mengurangi sampah rumah tangga dan sampah sejenisnya. Selain itu, untuk mengingatkan kepada seluruh komponen masyarakat bahwa persoalan sampah harus menjadi perhatian utama. Pengelolaan sampah perlu dilaksanakan secara terpadu dari hulu sampai hilir.

“Saya berharap agar kita semua dapat mengikuti acara ini dengan seksama agar memperoleh hasil yang memuaskan. Saya juga minta kepada narasumber agar membagikan ilmu dan pengalaman kepada kita semua dalam hal penanganan sampah,” ujarnya. (ian)

Komentar

News Feed