oleh

Diterjang Banjir, Jembatan Putus

-Polman-3.046 views

RADARSULBAR.CO.ID — Tingginya Curah hujan dalam beberapa pekan terakhir ini membuat Sungai Penanian Desa Batetanganga, Polman meluap, dan menghujam jembatan gantung Penanian yang merupakan akses warga ke wilayah lain, termasuk untuk berkebun.

Sepanjang 30 meter dengan lebar dua meter, dibangun 2010 ini, jembatan ini ambruk akibat tiang penyangga jatuh karena dasarnya terkena abrasi saat air sungai meluap, Rabu malam lalu.

Warga Penanian pun terpaksa menembus sungai jika ingin ke kebun atau sawah dan dusun lainnya. “Jembatan ini merupakan jalur satu-satunya menyeberangi sungai. Kami sekarang kesulitan mau pergi kebun,” terang salah seorang warga setempat, Jumat kemarin.

Sebenarnya, sudah lama tiang penyangga jembatan tersebut terancam ambruk akibat bantaran sungai terus tergerus. Warga pun sudah melaporkan kondisi ini, tetapi sepertinya belum jadi prioritas pemerintah.

Kepala Desa Batetannga, Muhammad Said saat dikonfirmasi membenarkan kondisi tersebut. “Itu satu-satunya akses warga ke kebun dan sawahnya. Kita akan usulkan ke Dinas PUPR, Jembatan itu putus kemarin saat banjir tapi hanya satu rumah yang ada diseberang dan ini bukan jalan kampung,” terang Said.

Ia menegaskan surat permohonan untuk perbaikan kembali jembatan yang putus tersebut akan disampaikan kepada Pemkab Polewali Mandar, Sulbar, pada Senin pekan depan. (arf/mkb)

Komentar

News Feed