oleh

Disdag Mamuju Rancang Lokasi Khusus Pasar Ikan

MAMUJU — Dinas Perdagangan (Disdag) Mamuju, rencana membuat lokasi khusus untuk pasar ikan dalam Kota Mamuju.

Kabid Penguatan dan Pengawasan Sarana Distribusi Perdagangan Disdag Mamuju Abdul Muttalib Syarifuddin menuturkan, setelah dalam satu bulan ini pihaknya intens turun memantau kondisi pasar, muncul rencana untuk membangun pasar khusus untuk menjual ikan.

“Saya melihat memang sudah waktunya pasar ikan dikhususkan tempatnya, tanpa ada mencampuri pedagang lainnya,” tutur Muttalib, Jumat 7 Februari.

Muttalib berpendapat, pasar ikan berbeda dengan dagangan lainnya. Sehingga harus diabuat sarana khusus untuk penjual ikan. Tempat atau lapaknya juga harus dilengkapi drainase, tempat aliran air penyiraman ikan, kemudian tempat pembuangan sampah khusus. “Sehingga tetap bersih dan tertib. Pengunjung juga nyaman berbelanja,” ucapnya.

Muttalib mengaku, pasar yang sudah disurvei langsung, diantaranya, Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kasiwa, pasar sentral dan regional. Ia menilai, sejauh ini penjual ikan masih belum tertib penempatannya.

Rencananya pasar dadakan di sekitar perkantoran gubernur juga akan ditertibkan. Sebab sudah mengganggu tata kota.

“Tapi menjadi persoalan pokok yang harus kami secepatnya sikapi yaitu pembangunan atau melokasikan khusus pasar ikan,” papar Muttalib. (mg6/ham)

Komentar

News Feed