oleh

Dinas Pariwisata Latih Masyarakat Kelola Home Stay

MAMBI — Dinas Pariwisata Sulbar melaksanakan kegiatan pengembangan wisata agro melalui pelatihan pengelolaan home stay di Kecamatan Mambi, Kabupaten Mamasa, Kamis 21 November 2019.

Tujuannya, memberikan pengetahuan dan ketrampilan mengelola fasilitas obyek wisata khususnya home stay untuk penambahan satu daya tarik wisata di Sulbar. Selain itu, sebagai langkah untuk membangun dan mengembangkan kepariwisataan daerah Sulbar khususnya untuk agro wisata.

Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Dinas Pariwisata Sulbar, Rini Lukita Sari mengatakan, SDM yang memiliki pengalaman dan berdaya saing tinggi akan mendukung peningkatan dan percepatan pembangunan daerah. Olehnya, untuk mengembangkan pariwisata Sulbar, puluhan masyarakat sekitar daerah wisata agro di berikan pelatihan agar memiliki daya saing dalam mengelolah home stay.

“Kekayaan sumber daya alam (SDA) yang melimpah ruah akan menjadikan taraf kemandirian serta kesejahteraan bagi suatu daerah. Tapi SDA yang melimpah ruah saja tidak cukup. Dibutuhkan SDM yang andal dan berkompeten untuk mengelola SDA,” ujarnya.

Saat ini, lanjut Rini, agrowisata merupakan pariwisata yang berkembang pesat. Obyek wisata yang menawarkan daya tarik agrowisata semakin diminati wisatawan. Bukan hanya wisatawan Indonesia, agrowisata juga diminati wisatawan dari luar negeri. Olehnya, pengembangan agrowisata di Mamasa sangat diperlukan untuk menarik para wisatawan dan pengembangan daerah.

Agar wisata yang berbasis alam, agro wisata harus mempertimbangkan empat hal, yakni, pengaturan dasar alaminya yang meliputi kultur atau sejarah yang menarik. Keunikan sumber daya biofisik alaminya. konservasi SDA dan kultur budaya masyarakat setempat. Tapi, yang menjadi faktor utama dalam pengelolaan agrowisata adalah kualitas lingkungan yang harus terjaga,” ujarnya.

Rini berharap, dengan pelatihan ini mampu meningkatkan kualitas SDM, terutama dalam memberikan pelayanan lokal, nusantara maupun wisatawan asing dari sisi pengelolaan home stay.

“Saya harapkan agar masyarakat benar-benar memanfaatkan kegiatan ini sehingga bisa mendapatkan ilmu tentang pengelolaan home stay. Ini juga akan memperbaiki kehidupan masyarakat jika mampu menangkap peluang dengan baik,” tutupnya. (ian/rs)

Komentar

News Feed