oleh

Di Ujung Tahun Harga Bahan Pokok di Mamuju Melambung

MAMUJU – Jelang pergantian tahun, sejumlah bahan pokok di Pasar Sentral dan Regional Mamuju semakin melambung. Seperti cabai, minyak goreng dan telur.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Mamuju Abdul Syahid Pattoeng membenarkan lonjakan harga tiga komoditi tersebut. Ia mengatakan, Disdag Mamuju rutin melakukan pengecekan harga dan stok Bapok di pasar, dan kelonjakan harga sudah terjadi sejak November.

“Seperti minyak goreng, itu memang mulai naik sejak November, dan beberapa pekan terakhir, cabai dan telur juga naik” kata Syahid saat dikonfirmasi, Kamis 30 Desember 2021.

Syahid mengungkapkan, Disdag Mamuju telah melakukan upaya untuk menekan lonjakan harga dengan membuka pasar murah beberapa waktu yang lalu. “Sebelum natal, kami buka pasar murah untuk menjaga stabilitas harga dan ini kami sudah lakukan itu,” ungkap Syahid.

Syahid menjelaskan, berdasarkan survey di pasar, kenaikan harga disebabkan karena stok yang menipis dan permintaan pasar yang melonjak dari hari biasanya. “Pertama memang pengaruh cuaca, kemudian stok yang dikirim dari luar tidak ada,” ujar Syahid.

Dia berharap, di awal 2022, produksi para petani bisa kembali stabil sehingga harga dapat kembali normal. “Kita berharap cuaca bisa bersahabat di tahun 2022, sehingga para petani tidak gagal panen, dan harga minyak secara nasional bisa turun,” harap Syahid.

Sementara, seorang pedagang roti di Kelurahan Rimuku Kecamatan Mamuju, Yuni mengaku terpaksa menaikkan harga jualannya, karena harga telur yang merupakan bahan untuk membuat roti naik. “Bukan cuma telur, mentega juga naik, terpaksa kami naikkan harga, atau ukuran roti kami perkecil dari biasanya,” pungkas Yuni. (rez)

Berikut Daftar Harga Bahan Pokok di Mamuju

Cabai Rawit Rp 85 ribu/kg
Cabai Keriting Rp 55 ribu/kg
Cabai Merah Rp 45 ribu/kg
Bawang Merah Rp 25 ribu/kg
Bawang Putih Rp 25 ribu/kg
Telur Rp 55 ribu/rak
Minyak Goreng Rp 21 ribu/ liter
Tomat Rp 8 ribu/kg
Daging Sapi Rp 130 ribu/kg
Daging Ayam Broiler Rp 75 ribu/ekor
Gula Pasir Rp 13 ribu/kg
Tepung Terigu Rp 9 ribu/kg

Sumber: Olah Data Radar Sulbar di Pasar Regional dan Pasar Sentral Mamuju

Komentar

News Feed