oleh

Demi Stabilitas, Kades Dilantik di Kantor Bupati

PASANGKAYU – Bupati Pasangkayu Agus Ambo Djiwa, melantik dan mengambil sumpah jabatan Kepala Desa (Kades) Kasano, Kecamatan Baras, Mansyur, Senin 2 Maret.

Pelantikan ini berbeda dengan 20 kades terpilih sebelumnya. Dimana bupati bersama jajaran OPD mendatangi setiap desa untuk melantik dan mengambil sumpah jabatan periode 2020 – 2026.

Saat dikonfirmasi, Agus Ambo Djiwa mengatakan, kades terpilih se Kabupaten Pasangkayu ada 21. Khusus pelantikan Kades Kasano dilakukan di ruang pola kantor bupati untuk menghindari dan mencegah hal -hal yang tidak diinginkan.

“Dinas PMD punya banyak pertimbangan kalau pelantikan berlangsung di Desa Kasano. Karena jangan sampai ada evoria. Sebab, berdasarkan informasi yang diperoleh, ada kubuh yang kalah, tidak menerima hasil pemilihan, sehingga kita lantik di ruang pola bupati ini,” jelas Agus Ambo Djiwa.

Selain itu bupati juga mengimbau kepada Kades Kasano agar dalam penyusunan struktur pemerintahan desanya nanti, jangan asal mengganti aparaturnya. Namun berkoordinasi terlebih dahulu dengan Dinas PMD.

“Pak Mansur ini sebelumnya adalah Babinsa Desa Kasano. Jadi saya yakin bisa merangkul masyarakat serta kubu yang kalah saat pemilihan kemarin, dengan metode saat masih bertugas di TNI. Saya berharap keadaan di Kasano tetap kondusif sampai pilkada selesai,” imbuhnya.

Sementara Kades Kasano Mansur mengaku akan menjalankan instruksi bupati. Kata dia, memang ada riak di tengah masyarakat terkait Pilkades pada November 2019 lalu. Namun situasi tetap kondusif sampai hari ini.

“Setelah pelantikan ini, saya bersama semua kepala dusun dan tokoh masyarakat desa Kasano akan melakukan pertemuan, membahas soal pembangunan desa dan rencana kerja dalam waktu enam tahun kedepan dan melupakan perbedaan pilihan saat Pilkades lalu,” pungkas Mansur.

Hadir dalam pelantikan tersebut, Sekkab Pasangkayu Firman, Kajari Pasangkayu Imam Makmur Saragih Sidabutar, Wakapolres Matra Kompol Jufri Hamid, kepala OPD dan masyarakat Desa Kasano. (r3/ham)

Komentar

News Feed