oleh

DBD Serang Anak-anak, Tujuh Orang Meninggal Dunia

TASIK – Demam berdarah dengue (DBD) kembali menghantui Kota Tasikmalaya. Setelah di tahun lalu hingga September 2020 menembus angka 1.214 kasus. Kini hingga Selasa (8/6/2021) sudah tercatat 252 kasus dengan empat balita dan tiga anak-anak meninggal dunia.

Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya, H Ivan Dicksan memaparkan data sebaran kasus DBD yang paling tinggi terjadi di Kecamatan Cipedes dengan jumlah 44 kasus. Disusul Kecamatan Tawang 40 kasus, Cihideung 34 kasus, Purbaratu 31 kasus dan Kecamatan Cibeureum 25 kasus.

DBD Serang Anak-anak, Tujuh Orang Meninggal Dunia

“Kemudian Kecamatan Indihiang tercatat 21 kasus dari awal tahun sampai hari ini. Kawalu 19 kasus, Mangkubumi 17 kasus, Bungursari 12 kasus dan Tamansari 9 kasus,” kata dia kepada Radar, usai menghadiri halal bihalal Forum Puskesmas di Hotel Grand Metro, Selasa (8/6/2021).

Berdasarkan data, kata Ivan, dari 69 kelurahan se-Kota Tasikmalaya terdapat 53 kelurahan ditemukan kasus DBD. Sebanyak 10 kelurahan tertinggi, diantaranya 15 kasus di Panglayungan, 15 kasus di Kahuripan, Purbaratu 12 Kasus, Sukamanah 12 kasus dan Cilembang 9 kasus. “Sisanya ada di Kelurahan Cipedes 9 kasus, Kersanagara 8 kasus, Kersamenak 8 kasus, Nagarawangi dan Tawangsari masing-masing 7 kasus,” tuturnya seperti dikutip dari Radar Tasikmalaya (Fajar Indonesia Network Grup).

Sementara korban meninggal dunia akibat DBD, terdiri dari 7 kasus, yakni terjadi di Kelurahan Tugujaya wilayah kerja Puskesmas Cihideung 1 balita berusia 3 tahun dan Kelurahan Tugujaya 1 orang berusai 6 tahun. Kelurahan Kahuripan 1 balita berusia 4 tahun, Kelurahan Purbaratu 2 orang, balita 4 tahun dan anak usia 10 tahun. “Kemudian di Cilembang satu orang balita 3 tahun dan Kelurahan Sukamanah yang berdomisili di Cipedes berusia 11 tahun,” rinci Ivan.

Dia berharap masyarakat bisa mewaspadai kondisi cuaca yang masih dalam keadaan penghujan. Tidak hanya memenuhi protokol kesehatan Covid-19 dalam aktivitas sehari-hari, tetapi mewaspadai kesehatan lingkungan yang menyebabkan jentik nyamuk tumbuh.

Komentar

News Feed