oleh

Data Harga Tidak Sinkron

TOPOYO — Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2021, beberapa komoditas bahan pokok di Pasar Topoyo bergerak naik.

Salah seorang pedagang bahan pokok di pasar Topoyo, Maidah, mengatakan harga cabai rawit mulai naik. Dari harga sebelumnya hanya Rp20 ribu menjadi Rp35 ribu hingga Rp37 ribu.

Kenaikan harga ini, terjadi sejak satu pekan lalu. “Ini sudah biasa. Kalau mau tahun baru pasti harga naik,” sebut Maidah memberi keterangan.

Ia memprediksi, lonjakan harga itu masih akan terjadi jelang
perayaan tahun baru. Bahkan diperkirakan hingga mencapai Rp40 ribu.

Ia mengaku, suplai cabai rawit dari salah satu petani lokal di Mateng. Selain itu, ia juga menyetok dari Makassar. Ia beralasan, kebutuhan semakin meningkat sementara persediaan menipis.

Selain cabai rawit yang harganya meroket, harga telur ayam ras juga naik. Mencapai Rp50 ribu, padahal sebelumnya hanya Rp45 ribu.

Ia juga memprediksi, harga telur ini akan bertahan hingga mendekat perayaan akhir tahun.

Meski kondisi harga seperti itu, Kepala Dinas Perdagangan Mamuju Tengah (Mateng) Bahri Hamza masih menganggap harga relatif stabil. Berdasarkan pantauannya bersama tim inflasi ekonomi Pemkab Mateng, selama dua hari ini, menunjukkan tak ada harga bahan pokok yang naik signifikan, alias harga tetap stabil.

Menurutnya, kondisi jelang tahun baru hampir sama dengan hari-hari besar seperti Ramadan. Kebutuhan bapok masyarakat semakin meningkat. Namun sampai hari ini belum ada kenaikan harga.

Terlebih, kebutuhan masyarakat yang merayaan Natal cenderung tidak tinggi. “Namun masih ada satu hari lagi pantauan harga, tapi semoga tetap stabil,”tambahnya.
Ia melanjutkan, justru ada bahan pokok yang harganya turun. Yakni bawang merah. Namun untuk lebih detail datanya, Ia mengaku akan lebih memastikan hari ini, setelah hari terakhir memantau bapok di sejumlah pasar.

Bahri menjelaskan, adanya kenaikan harga biasanya terjadi selain karena permintaan makin tinggi, juga faktor akses transportasi pengantaran penyuplai bahan pokok. Namun kondisi saat ini akses berjalan dengan baik dan lancar.

Sementara untuk ketersediaan bahan pokok di pasar, masih terpenuhi semua jenis komoditi. Sehingga masyarakat tidak kekurangan dalam memenuhi kebutuhannya di rumah.

Bahri berharap harga bahan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru ini tetap stabil, agar masyarakat mampu menyeimbangi kebutuhannya. (m6/dir)

Komentar

News Feed