oleh

Dana Desa Mamasa Rp148 M

MAMASA – Tahun 2020 ini transfer Dana Desa (DD) dari pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan untuk Kabupaten Mamasa mencapai Rp148 miliar lebih. Dana desa tahun 2020 ini mengalami peningkatan dibanding tahun 2019 yang hanya Rp144 miliar lebih.

Transfer dana desa dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) ini demi mendorong efektivitas dana desa sebagai upaya mempercepat pembangunan di desa. Sebagaimana yang tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 205/PMK.07/2019 tentang Pengelolaan Dana Desa.

Wakil Bupati Mamasa, Martinus Tiranda menyampaikan mengapresiasi pemerintah pusat dengan adanya peningkatan dana desa untuk Kabupaten Mamasa.

“Tahun 2019 lalu Kabupaten Mamasa hanya mendapatkan dana desa sebesar Rp144 miliar. Sementara tahun 2020 ada peningkatan dua miliar lebih sehingga menjadi Rp148 miliar,” terang Martinus.

Ini merupakan perhatian yang sangat besar dari pemerintah pusat ke Mamasa. Pihaknya sangat berharap tahun 2021 mendatang dana desa untuk Kabupaten Mamasa kembali mengalami peningkatan.

Ia berharap desa dapat menggunakan dana tersebut untuk peningkatan pembangunan di desa dan kesehahteraan masyarakat desa.

“Karena dana desa bukan dananya kepala desa. Saya percaya para kepala desa punya niat yang sama dengan untuk membangun masing masing wilayahnya,” tambahnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMD), Yahyadin Karim menyampaikan pihaknya meminta kepada para kepala desa agar lebih memperhatikan Badan Usaha Masyarat Desa (Bumdes).

“Jangan ada BUMDes yang abal-abal di desa,” tegasnya.

Pihaknya menginginkan agar penganggaran dana desa dapat tepat sasaran. Selain itu pihaknya menginginkan agar kedepannya para kepala desa yang mendapatkan lokus penanganan stunting agar dapat diprioritaskan.

“Hal itu menjadi prioritas kedepan, khusus desa yang sasaran penanganan stunting,” tambahnya. (r4/mkb)

Komentar

News Feed