oleh

Daftar Mobil yang Cocok Pakai Busi G-Power Bahan Platinum Lebih Awet

BICARA masalah busi pastinya hal yang paling penting dalam perawatan kendaraan bermotor. Karena bila busi tak terawat dengan benar maka kendaraan akan bermasalah sewaktu, ini sangat menyebalkan apalagi saat digunakan sangat penting-pentingnya.

Namun disisi lain selain perawatan, pemilihan busi yang tepat juga sangat penting. Hal ini menentukan durabilitas dan kualitas busi agar kendaraan bermotor yang digunakan tak mengalami masalah.

Daftar Mobil yang Cocok Pakai Busi G-Power Bahan Platinum Lebih Awet

Sebagai informasi fungsi dari pada busi untuk menghasilkan pembakaran yang sempurna agar performa kendaraan menjadi lebih baik. Dalam mencapai hal ini pastinya dibutuhkan material khusus agar elektroda busi bekerja maksimal menahan panas.

Salah satu material yang direkomendasikan adalah logam mulia platinum digunakan pada pusat elektroda (central electrode). Ini merupakan salah satu bagian busi yang sangat vital, baik menunjang performa maupun durabilitas.

Produk yang menggunakan bahan ini adalah G-Power besutan NGK merek asal Jepang yang diproduksi di Indonesia. Bahkan G-Power menjadi satu-satunya busi yang menggunakan material logam mulia platinum pada pusat elektroda (central electrode).

“Bila dibandingkan dengan busi yang lebih standar berbahan nickel alloy, material dari platinum ini lifetime lebih lama, rendah emisi, dan yang pasti menghemat bahan bakar,” ujar Diko Oktaviano, Technical Support NGK Busi Indonesia kepada JawaPos.com saat media gathering virtual beberapa waktu lalu.

Menurut Diko, penggunaan material platinum pada centre electrode mempunyai beberapa keuntungan dibanding busi lebih standar. Salah satunya lifetime dan durasinya hingga dua kali lebih tahan.

Diko menambahkan keuntungan lain yang ada pada busi dengan bahan platinum pada pusat elektroda nya, maka lebih tinggi titik leburnya. Bahkan harga juga lebih murah dibandingkan dengan yang berbahan iridium.

Sebagai informasi busi yang memakai bahan logam mulia platinum mempunyai beberapa fitur yang sanggup meningkatkan kinerja kendaraan. Pada Trapezoidal ground electrode mampu memperkecil efek rambatan pembentukan api, akibat tertahan dengan bentuk elektroda dan jenis material bahannya.

“Bagian yang paling cepat rusak adalah elektroda pusat. “Busi dari bahan logam mulia platinum juga bisa meningkatkan area pembentukan energi atau ledakan, yang sangat menunjang performa mesin,” terang Diko.

Terkait dengan produk NGK yang menggunakan bahan platinum adalah G-Power. Produk ini dilengkapi dengan bahan platinum tip pada elektroda pusat dan menjadi opsi upgrade yang ekonomis dari busi Nickel Alloy.

NGK G-Power mampu memberikan kinerja yang sangat baik dengan konsumsi bahan bakar yang efisien. Penggunaan diameter kecil pada elektroda pusat mampu mengoptimalkan pembakaran. Serta mencegah terbentuknya carbon fouling dan menggunakan tegangan lebih kecil untuk menghasilkan percikan listrik.

Dilengkapi dengan elektroda ground berbentuk trapesium, Busi NGK G-Power mampu menghasilkan reproduksi api yang lebih cepat dibandingkan tipe Nickel Alloy.

Dengan elektroda pusat dengan tip platinum – berdiameter kecil ini untuk mengoptimalkan pembakaran, mencegah carbon fouling, efisiensi bahan bakar dan membutuhkan konsumsi daya listrik yang kecil. Serta Elektroda ground berbentuk trapesium untuk reproduksi api yang lebih cepat

Busi varian G-Power ini dikhususkan untuk mobil-mobil dengan mesin seri NR, seperti halnya Avanza–Xenia, Calya–Sigra, Rush–Terios, Agya–Ayla, Yaris, Vios, ataupun Sienta.

Produk dengan kode LKAR6AGP tersebut hadir sebagai opsi yang lebih ekonomis dibanding busi Original Equipment Manufacturer (OEM), tapi performanya diklaim masih bisa bersaing. (jpg)

Komentar

News Feed