oleh

Cukup Haru Lee Chong Wei Umumkan Gantung Raket

JPNN.COM–Mantan pemain nomor satu dunia asal Malaysia Lee Chong Wei resmi mengumumkan pengunduran dirinya dari dunia bulu tangkis profesional, setelah 19 tahun berkarier. Keputusan itu sebenarnya tidak terlalu mengejutkan, lantaran legenda Negeri Jiran berusia 36 tahun itu sedang berjuang melawan kanker hidung sejak Juli tahun lalu.

“Semua orang kurang lebih sudah tahu niat saya untuk mengadakan konferensi pers ini. Saya ingin mengumumkan bahwa saya pensiun dari olahraga ini setelah 19 tahun,” ujar Chong Wei dalam konferensi pers, Kamis 13 Juni, di Menara KBS, Putrajaya.

“Itu adalah keputusan yang sulit untuk dibuat, tetapi saya tidak punya pilihan setelah berkonsultasi dengan dokter di Jepang bulan lalu. Saya diberi delapan kuesioner untuk menjawab tentang kondisi saya dan hasilnya keluar untuk menunjukkan bahwa saya tidak cocok untuk melakukan kegiatan intensitas tinggi,” imbuhnya.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua warga Malaysia. Saya ingin berterima kasih kepada banyak orang di Kementerian Belia dan Sukan, Institut Sukan Negara. Saya ingin berterima kasih kepada semua pelatih saya, Datuk Misbun Sidek, Datuk Tey Seu Bock,” kata Chong Wei sambil berusaha menahan air mata, tetapi akhirnya menetes juga di pipinya.

Chong Wei merupakan peraih medali perak olimpiade, tiga kali yakni di Beijing 2008, London 2012 dan Rio de Janeiro 2016. Chong Wei sempat memberikan petunjuk tentang pensiunnya, ketika dia menulis pantun Melayu untuk ucapan Idulfitri.

“Chong Wei dah cuba sedaya upaya; Emas Olimpik tidak terdaya; Kepada semua Selamat Hari Raya; Mohon maaf atas semuanya,” tulis Chong Wei.

Selain kehilangan medali emas olimpiade, Chong Wei juga mundur tanpa gelar juara dunia yang mungkin sulit dipahami, kenapa tidak ada namanya.

Chong Wei runner-up dalam tiga pertandingan kejuaraan dunia di London (2011), Guangzhou (2013) dan Jakarta (2015).

Namun, tidak ada yang bisa menghilangkan fakta bahwa dia salah satu tunggal putra terbaik yang pernah ada di dunia, yang sangat ramah melayani wartawan, entah itu dengan bahasa Inggris, Mandarin atau Melayu (sedikit-sedikit Indonesia).

Secara keseluruhan, Chong Wei telah mengantongi 69 gelar sepanjang kariernya. Itu termasuk 46 titel di superseries (sekarang BWF World Tour). Chong Wei juga menghabiskan 349 minggu, termasuk 199 minggu berturut-turut sebagai tunggal putra nomor satu dunia dari 2008-2012. (thestar/jpnn)

Komentar

News Feed