oleh

Corona Belum Pasti, Indonesia Butuh Napas Panjang

JAKARTA – Hingga saat ini belum ada yang bisa memastikan kapan pandemi COVID-19 akan berakhir. Terlebih virus Corona terus bermutasi. Situasi yang belum pasti ini mau tidak mau harus dihadapi.

“Setelah varian pertama, kemudian datang varian Delta. WHO menyampaikan diperkirakan akan muncul lagi varian baru. Artinya, Indonesia perlu memiliki ketahanan napas yang panjang. Sebab pandemi mungkin lebih lama dari yang diperkirakan,” kata Presiden Joko Widodo seperti disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (20/7).

Jokowi meminta para kepala daerah fokus pada penanganan pandemi di daerah masing-masing. Gubernur hingga bupati/wali kota diminta bisa mengatur perangkat daerah hingga Indonesia bisa melewati pandemi. “Manajemen serta organisasi adalah kunci dan saya minta semua mesin organisasi dijalankan dengan sebaik-baiknya,” jelasnya.

Dia menambahkan sosok pemimpin lapangan yang kuat sangat diperlukan dalam menghadapi pandemi COVID-19. Jadi kepala daerah tersebut paham kondisi riil masyarakat dan dapat bergerak cepat untuk meredam COVID-19 di wilayahnya.

“Kita membutuhkan kepemimpinan lapangan yang kuat untuk menghadapi pandemi sekarang ini. Kepemimpinan yang paham lapangan, yang bisa bergerak cepat dan responsif dan kepemimpinan lapangan ini harus kuat di semua level pemerintahan. Dari level atas sampai level kecamatan tingkat kelurahan dan desa,” tegasnya. (rh/fin)

Komentar

News Feed